Foto : Warga keturunan China padati Vihara Petak Sembilan. (ist)

Ribuan Warga Keturunan China Padati Vihara Petak Sembilan

Ind | Sabtu , 28 Januari 2017 - 15:02 WIB

Publicapos.com- Setidaknya 8.000 warga keturunan China dari berbagai wilayah di Jabodetabek akan memadati Vihara Dharma Bakti, Glodok, kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat. Mereka bergantian datang memperingati perayaan Imlek 2017.

Pengurus vihara, Lukman mengatakan, jumlah pengunjung tersebut diambil dari rata-rata orang yang datang ke sana setiap tahun. Aktivitas ibadah dan berdoa warga keturunan China di Vihara Dharma Bhakti tidak terpengaruh cuaca hujan pada Sabtu pagi.

Dekorasi lampion, lilin bermacam ukuran, dan pernak-pernik khas Imlek bernuansa emas dan merah mendominasi vihara. Meja peribadatan juga telah ditata dan disiapkan bagi orang yang ingin berdoa. Menurut Lukman, warga tetap berdatangan serta menjalankan ritual ibadah dan doanya seperti biasa. "Makin malam nanti makin ramai."

Siang ini, banyak warga keturunan China yang datang beribadah ke Vihara Dharma Bhakti. Mereka bersembahyang dengan berdoa sambil membakar hio atau dupa, memohon diberi hal-hal baik di Tahun Ayam ini.

Pengurus Vihara Dharma Bakti sendiri menyiapkan hio untuk warga yang ingin bersembahyang. Mereka tidak memberi tarif untuk dupa atau alat ibadah yang diperlukan, hanya uang suka rela untuk membantu pengembangan vihara.


Introspeksi Diri dengan Membaca Doa di Tahun Baru Muharram 1439 Hijriah