Foto : Etnik muslim Rohingya. (Istimewa)

HMPI Ajak Pemerintahan Jokowi-JK Sediakan Pulau Khusus Tampung Pengungsi Rohingya

kis | Kamis , 31 Agustus 2017 - 06:45 WIB

Publicapos.com – Aksi pembantaian yang dilakukan oleh kelompok militer terhadap etnik minoritas Muslim Rohingya ikut memantik emosi Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI).
 
Ketua Umum DPP HMPI, Andi Fajar Asti secara kelembagaan, menyerukan sikap kemanusiannya atas peristiwa yang terjadi Myanmar itu. Dalam keterangan tertulisnya pada Publicapos.com, ada 10 poin.
 
Pertama, mengecam tindakan pembantaian etnik minoritas muslim rohingya yang dilakukan oleh kelompok Militer Myanmar.
 
Baca juga: Menteri Retno Turun Tangan ke Myanmar Tangani Kasus Ksis Etnis Rohingya
 
Selanjutnya, DPP HMPI juga, meminta Presiden RI, Joko Widodo, untuk bersikap tegas mengecam peristiwa pembantaian etnik minoritas Muslim Rohingya yang dilakukan oleh kelompok Militer Myanmar.
 
Ketiga, menyerukan kepada PBB dan dunia Internasional untuk ikut mengecam peristiwa pembantaian tersebut;
 
Baca juga: Derita Muslim Rohingya, Erdogan: Dunia Buta dan Tuli!
 
Selain itu, HMPI juga yang berharap, PBB dan Dunia Internasional untuk mencabut Gelar Nobel Perdamaian Aung Saan Suu Kyi. Sebab, mereka menilai, artikulasi perdamaian Aung Saan Suu Kyi terhadap demokratisasi Myanmar tidak terlihat sama sekali. Apalagi setelah melihat berbagai peristiwa pembantaian yang dilakukan pihak militer terhadap etnik minoritas Muslim Rohingya.
 
Atas tindakan itu, HMPI juga menyuarakan pada PBB dan Dunia Internasional untuk memberikan sanksi terhadap negara Myanmar karena telah melanggar hak asasi manusia (HAM) dan mencederai demokratisasi substansial di Myanmar.
 
Poin keenam, sebagai bentuk hukuman, HMPI Mengajak seluruh negara ASEAN untuk embargo politik.
 
Ketujuh, HMPI juga menyerukan kepada negara tetangga Myanmar untuk memberi kemudahan masuknya warga Rohingya atas jaminan suaka politik
 
Kemudian pada point terakhir, HMPI mengajak Pemerintahan Jokowi - JK melalui Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) turut menyiapkan daratan Pulau khusus warga rohingya agar dapat hidup merdeka dan manusiawi.


Hikmah Ramadlon, Spirit Keagamaan dan Kebangsaan Ruh Berdirinya Indonesia

Gelar PIONIR IX 2019, Kemenag Perkuat Sistem Pendaftaran Online

Direktur PTKI: Kemenag Optimalkan Kualitas Mahasiswa

Sumut Aman dan Kondusif, PW IPNU: Terimakasih Kepada Polda Sumut