Foto : Sahmin Madina usai ujian promosi doktor. (Istimewa)

Ujian Doktor, Sahmin Madina Singgung Relasi Indigenous Knowledge dalam Perilaku Wawasan Lingkungan

kis | Senin , 18 September 2017 - 14:15 WIB

Publicapos.comIndigeneous Knowledge dengan perilaku wawasan lingkungan memilki relarasi positif yang kuat dan memiliki signifikansi terhadap perilaku wawasan lingkungan. Hal tersebut ditegaskan oleh Sahmin Madina pada ujian promosi doktor program pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin, (18/9/2017).
 
Sahmin Madina menjelaskan, disertasinya yang berjudul Hubungan antara Indegeneous Knowladge dan Status Sosial Ekonomi, dan Self Efficiacy dengan Prilaku Wawasan Lingkungan Hidup,” dilatarbelakangi oleh seringnya terjadi tidak berkesinambungan antara pengetahuan dengan kegiatan penambangan yang berkaitan dengan lingkungan. 
 
Dosen IAIN Gorontalo itu juga dihadapan penguji atau ketua sidang Prof Dr H Djaali menyinggung pentingnya penguatan Indegeneous Knowledge yang didasarkan pada pengetahuan dalam suatu wilayah tertentu atau mungkin juga didasarkan pada budaya dan etnis tertentu.
 
Pria yang menjabat Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) ini dari hasil risetnya, memberikan rekomendasi pada pemerintah agar adanya kebijakan lingkungan yang tidak boleh lepas dari naskah akademik yang memuat Indigenous Knowledge dalam perumusan kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan dengan model status sosial ekonomi dan self efficiacy.
 
Andi Fajar Asti, sebagai Ketua Umum DPP Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) mengatakan bahwa Disertasi Sahmin Madina mempunyai implikasi positif terhadap perkembangan wacana keilmuan dan intelektual dalam bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Fajar menjelaskan disertasi Sahmin tidak ubahnya seperti perlunya penguatan peran kearifan lokal dalam membaca wawasan lingkungan hidup.
 


HMPI Beraksi Atas Pengeroyokan Audrey

Beasiswa Studi Doktoral dari Kemenristekdikti untuk PMDSU Angkatan Keempat

Jamaah Tareqat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri 1439 Hijriah Hari Ini

Dentuman Meriam di Istana Bogor Sambut Kunjungan PM China, Li Keqiang