Foto : Di Distrik Kirihi Papua, sebungkus mie instan dibanderol Rp50 ribu per bungkus. (istimewa)

Di Distrik Kirihi Papua, Mi Instan Dibanderol Rp50 Ribu per Bungkus!

Ind/antara | Sabtu , 21 Oktober 2017 - 15:52 WIB

Publicapos.com- Selama ini mie instan identik sebagai makanan murah dan meriah. Di Jakarta dan sekitarnya, rata-rata harga sebungkus mi instan paling mahal dibanderol Rp2.500. Namun tidak demikian yang terjadi di Distrik Kiriho, Kabupaten Waropen, Provinsi Papua. Sebungkus mie instan dibanderol Rp50 ribu per bungkus!

Untuk kantong warga miskin, harga sebesar itu membuat mie instan tergolong makanan mewah. Seperti dilansir Antara, harga tersebut bikin geleng-geleng kepala Leonargo, seorang dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Distrik Kirihi, Waropen.

"Saya heran dan tidak percaya sekali kalau warga yang tinggal di Kirihi menjual satu bungkus mie instan dengan harga Rp50 ribu," kata dr Leonargo, yang sudah setahun melakukan pelayanan kesehatan di Waropen.

Dia menuturkan, dirinya baru mengetahui harga satu bungkus mie instan itu ketika ia melakukan pelayanan kesehatan di salah satu kampung. Saat ia selesai melakukan pelayanan kesehatan, ada seorang anak menangis minta dibelikan mie instan.

"Saya langsung bilang sama bapaknya, `bapak beli sudah Supermi satu bungkus untuk anak bapak supaya dia tidak menangis lagi, karena dia ingin makan Supermi. Namun, bapaknya menjawab, dokter Supermi satu bungkus harganya Rp50 ribu, terlalu mahal," ujarnya.

"Nah dari situlah baru saya tahu kalau satu bungkus harga Supermi sangat mahal, saya langsung ajak anak itu ikut saya ke rumah dan saya kasih empat bungkus untuk dia karena masih ada stok saya," ujarnya.

Leonargo mengatakan, warga Kirihi menganggap satu bungkus mi instan itu sangat istimewa bagi mereka sehingga dijual mahal. Biasanya warga memasak mie instan dicampur dengan nasi, dengan cara dihaluskan kemudian dituang dalam nasi yang sedang dimasak.

Kirihi adalah satu distrik terjauh dari Kabupaten Waropen. Distrik itu berbatasan langsung dengan Kabupaten Nabire. Transportasi satu-satunya ke tempat itu dengan menggunakan pesawat berbadan kecil.


Harga BBM non subsidi Naik, Begini Rincian Harganya

Pilkada Serentak 2018 Diyakini Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II

Masih Punya Uang Kertas Tahun Emisi 1998? Segera Tukar Sebelum 30 Desember 2018

Masyarakat Diminta Tak Khwatir, Mendag Pastikan Stabilitas Harga dan Distribusi Sembako Lebaran Aman