Foto : Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. (ist)

Zulkifli Hasan Temui Gus Sholah: Siapa Jagoan PAN, Khofifah atau Gus Ipul?

Ind/antara | Sabtu , 21 Oktober 2017 - 22:10 WIB

Publicapos.com- Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan masih belum menegaskan dukungan partainya pada sosok calon Gubernur Jatim dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018.

"Jatim ada Ibu Khofifah, Gus Ipul, nanti kan perlu berbicara dengan berbagai pihak," katanya saat berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Sabtu (21/10/2017).

Zulkifli hadir di Pesantren Tebuireng disambut oleh pengasuh PP Tebuireng, Jombang, KH Sholahudin Wahid. Keduanya sempat bertemu empat mata sebelum menuju ke lokasi acara di pesantren tersebut.

Kegiatan seminar tentang resolusi jihad, membedah pemikiran dan perjuangan KH Hasyim Asyari itu dihadiri para santri, pelajar, serta berbagai tamu undangan lain dari Kabupaten Jombang dan sekitarnya.

Namun Zulkifli tidak menampik jika kedatangannya ke pesantren ini salah satunya membincang terkait dengan Pilkada Jatim yang akan berlangsung pada 2018. "Saya diskusikan jika soal pilkada (Pilkada Jatim). Tapi, jika kader internal (PAN) ada juga, misalnya Pak Masfuk," katanya.

Hingga kini, PAN juga belum memutuskan terkait dengan rekomendasi di Pilkada Jatim. Namun, dua nama santer akan ikut dalam bursa calon Gubernur di pilkada itu, yaitu Saifullah Yusuf yang sekarang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim dan Khofifah Indar Parawansa yang saat ini juga masih menjabat sebagai menteri sosial.

Saifullah Yusuf saat ini sudah mendapatkan dukungan resmi dari dua partai, yaitu PKB dan PDIP. Bahkan, PDIP menyandingkan Gus Ipul (Sapaan akrab Saifullah Yusuf) dengan Abdullah Azwar Anas yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Banyuwangi.

Untuk Khofifah, hingga kini belum ada keputusan pasti. Namun, sebelumnya ratusan kiai telah bertemu di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, membahas tentang persiapan Pilkada Jatim.

Bahkan, kiai tersebut juga menunjuk tim sembilan yang isinya sejumlah kiai yang akan menilai figur yang pantas mendampingi khofifah di pilkada.

Salah satu kiai yang akan terlibat di tim tersebut adalah KH Sholahudin Wahid yang juga pengasuh PP Tebuireng, Kabupaten Jombang. Dengan para kiai lainnya, saat ini masih merumuskan serta mengevaluasi sosok yang dinilai tepat mendampingi Khofifah di Pilkada Jatim.

"Ini lagi dicari. Kan harus melakukan survei untuk memperoleh calon yang tepat yang bisa mendampingi dan peroleh kemenangan," kata Gus Sholah, sapaan akrabnya.

Ia juga mengatakan, untuk syarat figur yang dinilai tepat mendampingi Khofifah antara lain yang hasil surveinya punya nilai tinggi serta "Laku" atau tidak. Hingga kini, tim masih memastikan sosok yang pas, sehingga belum memutuskan.

"Untuk nama saya tidak ingat, tapi akan disurvei sekitar dua pekan selesai. Memang banyak nama yang beredar, tapi tetap kami sampaikan ke partai. Nama-nama itu mayoritas dari partai politik," katanya.


Polri Kawal Pilkada Demi Indonesia yang Lebih Baik

Campuri Pilkada Taput, Agus Widjojo Tegaskan Junias Tobing Bukan Anggota Lemhannas

KPU Terima 56 Pengajuan Sengketa Pilkada

Stres Kalah, Djarot `Ngebul` Terus Saat Pantau Hitung Cepat