Foto : Calon Independen pada Pilkada

Mayoritas Parpol Dukung Andar dan Hariro Harahap, GMP Paluta Berharap Munculnya Calon Independen

rhr | Rabu , 25 Oktober 2017 - 12:12 WIB

Publicapos.com- Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, bisa dipastikan tidak akan berjalan menarik. Pasalanya, pasangan bakal calon Bupati Paluta, Andar Amin Harahap dan Hariro Harahap, nyaris mendapat dukungan dari semua partai politik.

Pasangan Andar Amin Harahap dan Hariro Harahap diprediksi akan berhadapan dengan kotak kosong untuk memimpin Paluta. Andar saat ini menjabat sebagai, Wali Kota Padang Sidempuan, ia merupakan putra kandung Bupati Paluta, Bahrum Harahap, yang berasal dari partai Golkar.

"Kami tahu sosok Andar yang gagal memimpin Kota Padangsidimpuan, dan kami juga sudah bosan dengan Bahrum yang punya bayak masalah dan tidak bisa berbuat kemajuan untuk Paluta," kata Ketua Umum Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Paluta (GMP) Paluta Jakarta, Alim Sofyan Ritonga.

Alim menilai, fakta bahwa Pilkada Paluta 2018 hanya didominasi satu bakal calon menandakan tak berjalannya sistem kaderisasi parpol di Paluta. "Pilkada Paluta 2018 tidak punya greget, partai politik belum berani memunculkan tokohnya. Ini bukti sistem kaderisasi partai tidak berjalan alias mandek," tukas Alim.

Agar Pilkada Paluta 2018 punya greget, Alim berharap akan muncul calon persorangan. "Kami berharap, di tengah-tengah keterpurukan Paluta dan krisis kader partai, ada sosok yang maju sebagai calon independen di pilkada mendatang agar Paluta bisa lebih baik lagi," harap Alim.

Sebagaimana peraturan KPU, penetapan syarat minimal dukungan calon perseorangan (independen) mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilpres 2014. Syarat tersebut ditandai dengan foto copy KTP sebanyak 15.611 buah atau 10 persen dari DPT Paluta.


Identitas 13 Korban Meninggal Kapal Tenggelam di Makassar

Polisi Amankan Dua Sopir Bus yang Kedapatan Mengonsumsi Narkoba

Perang Lawan Begal Motor Lampung di Musim Mudik, Begini Instruksi Kapolri

Gubsu Lantik Hj. Sabrina Jadi Sekda Sumut Gantikan Hasban Ritonga