Foto : Logo Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

IMM Minta Masyarakat di Sekitar Gunung Agung Ikuti Arahan Pemerintah

rhr | Kamis , 30 November 2017 - 10:01 WIB

Publicapos.com - Pemerintah telah menetapkan tanggap darurat bencana akibat erupsi Gunung Agung. Status ini berlangsung selama 14 hari, mulai 27 November hingga 10 Desember. Masa Tanggap Darurat Bencana ini dapat diperpanjang atau diperpendek sesuai kebutuhan penanganan darurat di lapangan.

Melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah juga telah memberi kemudahan akses untuk mengerahkan sumber daya manusia, peralatan, logistik, perizinan, pengadaan jasa, pengelolaan keuangan serta upaya penyelamatan lainnya.

Menanggapi akan hal itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ahmad Fauzi Syahputra Siregar, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh BNPB yang telah bekerja keras mengingatkan masyarakat di sekitar Gunung Agung.

"Kami mengapresiasi langkah cepat BNPB atas tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Agung. Melalui BNPB, pemerintah telah mempermudah berbagai hal untuk keperluan di lokasi," kata Fauzi di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Data yang dikeluarkan BNPB, ada 22 desa dengan penduduk sekitar 90.000 hingga 100.000 jiwa yang berada di radius berbahaya Gunung Agung. Para penduduk ini masih enggan mengungsi karena kurangnya pemahaman, seperti alasan ternak dan pertanian.

"Kami menghimbau masyarakat agar mau mengungsi dan mengikuti arahan pemerintah dan BNPB. Pemerintah pasti akan memberikan bantuan di lokasi pengungsian sesuai dengan kriteria yang ada," bebernya.

Selain BNPB, Fauzi juga berharap kepada pihak TNI, Polri, Basarnas, kementerian terkait, serta organisasi sosial kemasyarakatan untuk memberikan dukungan kepada pengungsi Gunung Agung.

"Gunung Agung bisa mengalami letusan besar, sekarang sudah erupsi terus-menerus. Ini merupakan bencana kemanusiaan, bencana masyarakat Indonesia. Kami berharap semua pihak turut membantu saudara-saudata kita di pengungsian," tutupnya. (rhr)
 


Letusan Freatik Gunung Merapi, BPBD BPBD Magelang Tenangkan Masyarakat di Tiga Kecamatan

Polres Banyumas: Dari 34 yang Diperiksa, 4 Oknum Polisi Diduga Terlibat Pemukulan

Hipotermia, Pendaki Asal Jakarta Meninggal di Cartenz