Foto : Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi

Undang 48 Dubes, Gubsu Perkenalkan Pariwisata Berbasis Geopark

rhr | Senin , 18 Desember 2017 - 13:54 WIB

Publicapos.com - Keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) untuk memajukan kawasan Danau Toba menjadi andalan pariwisata Indonesia semakin terlihat. Optimisme muncul dengan didatangkannya 48 Duta Besar (dubes) dari berbagai negara sahabat.
 
Demikian penjelasan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dalam kegiatan pertemuan atau Lake Toba Summit 2017 dengan konsep Pariwisata Berbasis Geopark bersama 48 Dubes dari berbagai negara di dunia, di Hotel Niagara Parapat, Sabtu (16/12/2017).

"Pemerintah Provinsi mengundang 48 duta besar negara-negara sahabat untuk kita perkenalkan Danau Toba. Selain itu juga untuk menyampaikan bahwa potensi Sumut yang juga mendukung. Tentu para duta besar akan melihat perkembangan disini agar mereka bersedia menginvestasikan modalnya kesini," ujar Gubernur.

Disebutkan Gubernur, bahwa pertemuan memperkenalkan Danau Toba atau Lake Toba Summit seperti itu dilakukan setelah 12 tahun lalu. Saat itu sejumlah Gubernur dari berbagai negara dihadirkan oleh Gubernur Tengku Rizal Nurdin saat itu.
 
"Ini jumlah terbanyak. Biasanya satu atau dua yang datang, dan kita berikan sambutan hormat. Kali ini sampai 48 negara yang kita undang ke Danau Toba," katanya.
 
Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Hidayati menjelaskan, pariwisata berbasis Geopark adalah satu poin penting dalam menunjang pengembangan serta peningkatan kunjungan wisata hingga mancanegara. Di dalamnya berisi nilai sejarah yang kemudian disosialisaikan ke masyarakat luas.
 
"Kenapa berbasis Geopark, karena nilainya lebih dari sekedar wisata. Sebab Geopark sudah tentu akan mendukung pariwisata, namun pariwisata belum tentu berbasis Geopark. Ada nilai ilmiah dari proses pembentukan Kaldera Toba, dimana di dalamnya banyak hal yang bisa dijelaskan, seperti proses terbentuknya Danau Toba dengan bukti batuan yang diteliti," sebut Hidayati.
 
Hadir di antaranya dubes seperti Arab Saudi, India, Yordania, Turki, Yaman, Iran, Irak, Mesir, Italia, Rusia, Cheznya, Hungaria, Argentina, Afganistan, Aljazair, Armenia, Belarusia, Brazil, Pakistan, Palestina, Panama, Peru, Filipina, Rusia, Serbia, Solomon Island, Spanyol, Sudan, Thailand, Tunisia, Ukraina, Venezuela, Bosnia-Herzegovina, Bulgaria, Kamboja, Equador, Virginia, Finlandia, Kazakhstan, Laos, Libanon, Libya, Maroko, Nigeria, Vietnam dan Myanmar. (rhr)


Gubsu Lantik Hj. Sabrina Jadi Sekda Sumut Gantikan Hasban Ritonga

KMSU Jakarta Minta Cagub dan Cawagub Sumut Berkompetisi Secara Sehat

Dihadiri 5 Ribu Wisatawan, Festival Danau Toba Tampilkan Berbagai Budaya