Foto : Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto

Wiranto: Melawan Terorisme Harus Total

kis | Rabu , 24 Januari 2018 - 23:30 WIB

Publicapos.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menegaskan kembali agar prajurit TNI tak ragu-ragu menembak teroris dalam suatu operasi pemberantasan terorisme.
 
Wiranto mengatakan, Pemerintah berupaya memberikan landasan hukum bagi pelibatan TNI dalam pemberantasan terorisme melalui usulan revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Antiterorisme.
 
"Kalau tidak ditegaskan, nanti TNI melawan terorisme, saat menembaki teroris, nanti takut terkena tuduhan pelanggaran HAM lagi. Ini yang kita jaga. Kita amankan itu, sehingga aparat keamanan, termasuk TNI, tidak ragu-ragu melawan teroris itu," ujar Wiranto di Jakarta pada Rabu, (24/1/2018).
 
Undang-Undang Antiterorisme itu, menurutnya, perlu direvisi mengingat teroris tidak mengacu pada pedoman apa pun dalam beraksi. Maka tindakan perlawanan yang dilakukan pemerintah juga seharusnya tidak kaku terbatasi aturan hingga membuat pemberantasannya tidak maksimal.
 
"Melawan terorisme harus total. Melawan terorisme tidak hanya kita serahkan kepada polisi atau tentara saja," ujar Wiranto.
 
Dia lantas menjelaskan, rencana perlawanan total terhadap terorisme itu tentu perlu dilindungi aturan perundang-undangan. Hal itulah menjadi alasan revisi mendesak guna mencegah serangan teror yang terjadi tanpa terdeteksi sebelumnya.
 
"Semua kekuatan nasional harus dilibatkan melawan terorisme. Tidak bisa sepotong-sepotong. Di sana (teroris) bebas beraksi, kok kita tidak," pungkasnya.


Terkait Terorisme, Tiga Warga Blitar Diamankan Densus 88

Terbitkan PP, Alhamdulillah Jokowi Pastikan Pensiunan Dapat THR Tahun Ini

Perintahkan Kapolri dan Panglima TNI, Presiden Jokowi: Amankan Situasi Ramadhan

Jokowi: Negara dan Rakyat Tak Takut, Kita Tak Akan Beri Ruang untuk Terorisme!