Foto : Istimewa

Gelar Perkemahan Wirakarya, Kementerian Agama Audiensi dengan Kwarnas

kis | Selasa , 06 Maret 2018 - 16:00 WIB

Publicapos.com - Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam akan mengelar Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) ke XIV pada tanggal 3-10 Mei 2018 di Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.
 
Terkait dengan persiapan gelaran kemah mahasiswa yang berpangkalan pada Gugus Depan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), jajaran Direktorat PTKI bersama Tuan Rumah PW PTK UIN Riau melakukan audiensi dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Hadir menerima rombongan Kementerian Agama, Ketua Kwarnas Kak Adyaksa Dault, didampingi dengan sejumlah pengurus Kwarnas.
 
Adyaksa Dault memuji Kementerian Agama atas komitmennya mengembangkan Gerakan Pramuka di lembaga pendidikan binaannya. Baik pada Gugus Depan yang berpangkalan di PTKIN (UIN, IAIN, STAIN dan PTKIS), Madrasah dan Pondok Pesantren. “Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin adalah teman saya, dan saya mendukung penuh atas penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya untuk mahasiswa ini,” tegas Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini.
 
Dihadapan Munzir Hitami Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Adyaksa memuji Riau sebagai daerah yang mempunyai kebudayaan yang tinggi terbukti dengan adanya kerajaan Islam, yang peninggalannya masih seperti sekarang ini. “Saya mendukung penuh perkemahan ini untuk menguatkan jati diri mahasiswa, menguatkan Islam yang moderat dan memberikan kontribusi positif pada pembangunan karakter bangsa,” katanya.
 
Munzir Hitami Rektor UIN yang mempunyai jumlah mahasiswa terbanyak mengatakan Perkemahan Wirakarya PTK yang akan digelar di kampus kami mempunyai peran yang strategis untuk menguatkan semangat dan menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.
 
"Gerakan Pramuka merupakan sarana efektif mendesiminasikan semngat perjuangan, komitmen kebersamaan dan sekaligus solidaritas sosial, serta memperluas pergaulan global," kata Hitami.
 
Hitami menururkan PW PTK 2018 akan melibatkan pramuka dari Perguruan Tinggi Keagamaan Non Muslim dan Pramuka Mahasiswa Negara tetangga seperti Malaysia, Thailan, Singapura, Brunai Darussalam dan Vietnam. 
 
Ditambahkan perkemahan pramuka mahasiswa ini juga akan mengangkat hazanah dan kekayaan lingkungan dan budaya lokal yang berpotensi menjadi destinasi wisata, karenanya mengangkat tema Eco Culture Tourisme.
 
Mewakili Kementerian Agama RI, Syafriansyah Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas kerjasama Kwarnas Gerakan Pramuka yang selama ini telah bersinergi dengan Kementerian Agama dalam pembinaan dan pengembangan Pramuka.
 
Diantara bentuk kerjasama antara Kwarnas dengan Kementerian Agama lanjut Syafriansyah adalah penyelenggaraan PW PTK untuk kalangan mahasiswa PTKI, Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) untu kalangan pramuka santri dan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) untuk siswa dan siswi madrasah.
 
Selain dihadiri Adyaksa Dault dan Rektor UIN Syarif Kasium Riau, Audiensi juga diikuti oleh Tohirin Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Eramli Jantan Abdullah Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), Kak Juliani Pembina Pramuka Gudep UIN Riau, Ruchman Basori Kasi Kemahasiswaan, Nur Yasin Kasi Sarpras pada PTKIN dan Otisia Arinindiyah Kasi Sarpras pada PTKIS. Dari kalangan Kwarnas dihadiri Sekjen Kwarnas, Dewan Kerja Nasional dan sejumlah funsgionalis lainnya.
 
Perkemahan Wirakarya PTK direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan dihadiri oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adyaksa Dault.


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Upaya Deradikalisasi Jalan Terus, Jokowi Berharap Dukungan Masyarakat dan Ormas Keagamaan

Hadapi Era Medsos, Syafriansyah Tekankan Penulis Pegang Teguh Moral dan Etika

Kemenag Siapkan Hadiah Puluhan Juta untuk Lomba Karya Tulis Mahasiswa