Foto : Ilustrasi. (istimewa)

Sempat Viral, Dropbox dan Facebook Hapus Foto-foto Bugil Tentara Wanita AS

Ind | Senin , 12 Maret 2018 - 16:48 WIB

Publicapos.com -  Foto-foto bugil tentara wanita Amerika Serikat bikin geger dunia maya. Belum lama ini beredar file Dropbox 'Hoes Hoin' yang berisi 267 foto telanjang diduga para wanita anggota korps militer Amerika Serikat.
 
Situs yang menyebarkan foto-foto bugil prajurit perempuan AS itu kini tengah diselidiki. Diketahui setidaknya ratusan ribu foto tentara marinir perempuan yang berbusana minim maupun tanpa busana pernah dipublikasikan awalnya oleh laman yang menyebut nama sebagai Marines United.
 
Sementara itu, Kementerian Pertahanan AS menyatakan terus memantau perkembangan media sosial terkait dugaan pelecehan dan perundungan dalam hal seksual di kasus ini. Penyelidikan kini terus berlanjut.
 
File mengenai foto bugil ini disebut awalnya disebarkan melalui grup terbatas di Facebook. Namun situs Facebook sudah menutup grup tersebut. Selain Facebook, aplikasi Dropbox juga dikabarkan telah mengunci rapat konten 'Hoes Hoin'.
 
Pihak Dropbox mengumumkan bahwa file yang berisi ratusan dokumentasi asusila itu telah dihapus. "Tautan ini telah dihapus dan dilarang sehingga tidak dapat diedarkan kembali pada Dropbox," kata pihak Dropbox melalui seorang juru bicara.
 
"Seperti biasa, kami menyelidiki laporan konten yang melanggar 'Acceptable Use Policy' kami. Jika kami menemukan pelanggaran, kami mencatat konten dan, bila sesuai, akan diambil tindakan lain seperti melarang konten dan/atau melaporkan ke penegak hukum," tambah Dropbox.
 
Ternyata tersebarnya folder Hoes Hoin yang berisi foto bugil para tentara wanita AS bukanlah kali pertama. Sebelumnya pelecehan online militer AS pernah terjadi di mana ada pluhan kelompok media sosial militer informal yang berbagi foto tanpa busana.
 
Selain bertukar foto tanpa busana, anggota grup terebut juga melontarkan komentar negatif tentang tentara wanita. Tak sampai di situ mereka juga membuat tulisan dangkal mengenai kehidupan militer.
 


Polisi Temukan 10 Jasad Satu Keluarga Tewas Tergantung, Satu Lainnya Tergeletak

Sering Dihina Suami dan Mertua, Wanita Ini Tega Suguhkan Makanan Beracun ke Ratusan Orang

Bertemu Yahya Cholil Staquf, Netanyahu Klaim Israel Makin Akrab dengan Negara Muslim

Islamofobia di Austria: 7 Masjid Ditutup, 40 Imam Diusir