Foto : Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (istimewa)

Sri Mulyani Tegaskan Kabar Terkait Kenaikan Gaji Presiden Hoax

Ind | Senin , 12 Maret 2018 - 17:02 WIB

Publicapos.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani memastikan bahwa kabar terkait kenaikan gaji Presiden hoax. Menurutnya, pemerintah  hingga saat ini tidak ada dan belum membahas tentang kenaikan gaji Presiden.
 
"Itu tidak ada dan belum pernah dibahas. dan menurut saya yang disampaikan MenPAN-RB (Asman Abnur) bahwa itu adalah hoax, ya memang begitu," kata Sri, di Istana Bogor, Senin (12/3/2018).
 
Sebelumnya beredar berita yang menyebut gaji pokok presiden yang besarnya hanya sekitar Rp30 juta per bulan saat ini dianggap sangat kecil dan berencana diusulkan naik menjadi Rp553 juta tiap bulannya.
 
Ia mensinyalir, ada pihak-pihak tertentu yang sengaja menyebar hoaks tentang kenaikan gaji Presiden Jokowi. Bahkan, canggihnya sampai dibuatkan grafis yang seolah-olah benar.
 
"Di media sosial yang sekarang ini banyak sekali informasi-informasi yang dibuat, dan dokumen dokumen yang dibuat seperti mirip dengan pemerintah, kemudian dipublikasikan. Jadi, kita tidak ada pembahasan mengenai hal itu sama sekali, sama sekali tidak ada," jelas mantan Direktur Bank Dunia itu.
 
Terkait gaji pegawai negeri sipil (PNS), Sri Mulyani juga menyampaikan pada rancangan peraturan pemerintah (RPP) 2018 dan Revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019 akan disampaikan sama dengan yang disampaikan pemerintah kepada DPR.
 
"Dalam nota keuangan kenaikan gaji, pemberian gaji ke-13 dan pensiunan akan dimasukkan Presiden dalam nota keuangan pada Agustus," kata Mulyani.
 
Simulasi perubahan ketentuan gaji bagi presiden tersebut muncul dalam RPP tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang beredar baru-baru ini. Dalam RPP tersebut, selain presiden, kenaikan gaji juga akan dirasakan wakil presiden serta para pejabat tinggi negara lainnya.  


Minta Presiden Tenang Terkait Polemik Gaji BPIP, Begini Guyonan Megawati ke Jokowi

Soal Gaji Jumbo Pejabat BPIP, Presiden Jokowi Kasih Penjelasan Begini

Penjelasan Mahfud MD dan Menkeu Terkait Kontroversi Gaji Jumbo Pejabat BPIP

Sebut Utang Indonesia Terus Mengalami Tren Penurunan, Begini Penjelasan Menkeu