Foto : Dokumentasi grandfinal Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat 2017 (istimewa)

Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA Sederajat Kembali Digelar

kis | Rabu , 11 April 2018 - 00:38 WIB

Publicapos.com – Even tahunan Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat tahun 2018 kembali digelar untuk tahunan yang ke-2. Acara akbar ini diselenggarakan sepenuhnya oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab SMA se-Indonesia berkat dukungan PPPPTK Bahasa (Arab) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 
 
Kompetisi bergensi ini akan dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kota atau kabupaten hingga nasional. Pertama seleksi akan akan dilakukan secara serentak bakal digelar pada Sabtu 14 April 2018. Kemudian para pemenang akan kembali berkompetisi di tingkat provinsi pada 5 Mei 2018. Terakhir, kompetisi tingkat nasional akan menjadi fase penentuan para juaranya. Tahapan grandfinal ini direncanakan dilaksanakan langsung di Jakarta. Tepatnya di gedung PPPPTK Bahasa Kemendikbud sebagaimana pada pelaksanaan grandfinal tahun lalu. Adapun proses awal pendaftaran mulai 12 Maret 2018 dan akan berakhir nanti pada 12 April 2018. 
 
Ketua Panitia Pelaksana Ahmad Makki Hasan dalam keterangan rilisnya menerangkan, Olimpiade ini terdiri dari tiga kategori yaitu pertama kategori SMA dan SMK Negeri, kedua kategori SMA dan SMK Swasta, dan ketiga kategori MA Negeri dan Swasta. Masing-masing kategori akan dipilih tiga besar dari tiap-tiap kabupaten atau kota untuk maju pada level provinsi. Dan begitu pula dari masing-masing provinsi akan dipilih 3 besar tiap-tiap kategori untuk maju pada level nasional (grandfinal). Pada saat grandfinal akan ditentukan juara 1, 2 dan 3 dan 7 besar lainnya dari tiap-tiap kategori untuk mendapatkan piala, uang pembinaan, dan bingkisan lainnya. Total hadiah olimpiade ini senilai puluhuan juta rupiah.
 
Besar harapan Makki, target peserta olimpiade tahun 2018 ini sebanyak 2500 peserta yang berasal dari siswa/siswa SMA dan Sederajat se-Indonesia. Sementara saat rilis ini dipublikasikan, pendaftaran mencapai diatas angka 1000-an peserta. “Seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan Olimpiade Nasional Bahasa Arab SMA dan Sederajat ini berikut pula guru dari masing-masing sekolah sebagai pendamping,” tegasnya dalam keterangan tertulis.
 
Adapun yang mennjadi tujuan utama Olimpiade ini, pertama mensyiarkan bahasa Arab di Indonesia khususnya bagi kalangan siswa/siswa SMA dan Sederajat. Selanjutnya, memacu prestasi siswa/siswa SMA dan Sederajat di Indonesia dalam bahasa Arab. Dan Point ketiga,  menumbuhkan minat masyarakat Indonesia secara umum terhadap bahasa Arab sebagai salah satu bahasa Internasional di dunia.
 
Untuk infrormasi lebih lanjut, pihak sekolah bisa mengungjungi sekretariat olimpiade ini yang bertempat di SMA Negeri 1 Kota Malang, Jawa Timur dengan alamat Jalan Tugu Utara Nomor 1 Kota Malang (651111). Atau juga bisa menghubungi langsung Ahmad Makki Hasan pada nomer berikut 085755750111 atau Ade Rahmat Hidayata di nomor 085794890339.
 


Kemendikbud dorong Guru MGMP Bahasa Arab Bergabung dengan IMLA

Banjir Bandang Mandailing Natal Sapu 29 Siswa dan Puluhan Rumah Warga

Pemilu Budaya Politik dan Integrasi Nasional

Perusahaan Harus Bayar Karyawan yang Masuk Kerja Saat Pilkada Serentak