Foto : Istimewa

IAIN Batusangkar Gandeng Yayasan Islam Kelantan untuk KKL Mahasiswa

kis | Kamis , 19 April 2018 - 10:04 WIB

Publicapos.com - IAIN Batusangkar terus melebarkan kerjasama internasional diantaranya dengan Negeri Kelantan Malaysia melalui Yayasan Islam Kelantan (YIK) milik kerajaan. Salah satu wujud konkritnya adalah akan diselenggarakannya Praktek Kerja Lapangan (PPL) bagi mahasiswa.
 
Kasmuri Rektor IAIN Batusangkar mengatakan YIK Kerajaan Kelantan akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa IAIN Batusangkar untuk Praktek Kerja Lapangan di 63 sekolah yang berada di bawah YIK.
 
“Selama ini mahasiswa kami melaksanakan PKL di Madrasah dan Sekolah yang ada di Batusangkar, tahun depan kita akan upayakan di Kelantan dalam rangka optimalisasi kerjasama dan membangun sinergi antar kampus antar negara”, ucap Kasmuri.
 
Perjanjian antara kedua belah pihak bertujuan untuk memperkuat pengembangan akademik, penyiapan SDM agar mampu menyosngsong era globalisasi dan persaingan bebas, lanjut Kasmuri.
 
“Pedidikan Tinggi Keagamaan Islam mau tidak mau harus membangun kerjasama sinergis dengan dunia internasional untuk melahirkan generasi insan Rabbani yang mampu menjalankan tugas-tugas kekhalifahan di bumi”, tegas Kasmuri. 
 
Penandatanganan naskah kerjasama (memorandum of understanding) dilaksanakan di Hotel Perdana Kota Bharu pada 11 April 2018. Pihak Yayasan Islam Kelantan diwakili Pengarah YIK, YM Tengku Ab Rahman Tuan Yunus dan Timbalan Pengarah (Akademik) Tuan Haji Zaki Deraman disaksikan oleh YB. Dato' Timbalan Pengerusi Jawatankuasa Pembangunan Insan, Pendidikan dan Pengajian Tinggi YB Dato' Hj. Mohamad bin Awang. Sementara Pihak IAIN Batusangkar dilakukan langsung oleh Rektor Dr. Kasmuri, MA dan di pampingi oleh Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan kerjasama Dr. Rizal M.Ag.
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Rizal yang mendampingi Rektor Kasmuri mengatakan pihaknya akan memberikan beasiswa bagi pelajar yang berasal dari sekolah YIK untuk mengambil studi di IAIN Batusangkar. “Para calon mahasiswa dari YIK Kelantan boleh memilih jurusan apa saja yang diinginkan”, ungkap Rizal.
 
Selain itu Rizal mengatakan hubungan IAIN Batusangkar dengan Yayasan Islam Kelantan dalam bidang pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat akan memperkuat program internasionalisasi PTKIN yang sedang digalakkan oleh Kementerian Agama RI.


Kementerian Agama Salurkan 1.183 Beasiswa Bidikmisi dalam 8 Tahun Terakhir

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XIV se-Indonesia Resmi di Tutup

Persembahkan Tari Mandau Bawi Pramuka IAIN Palangkaraya Tampil Memukau

Unik Kontingen Perkemahan Wirakarya IAIN Metro Langsung Terjun Bhakti Sosial di Masjid