Foto : Presiden Jokowi. (istimewa)

Kaget Pungli Masih Marak, Presiden Jokowi: Sikat Semuanya!

Ind | Selasa , 08 Mei 2018 - 19:15 WIB

Publicapos.com - Agus Yuda, seorang sopir truk rela berjalan kaki dari Sidoarjo, Jawa Timur, ke Jakarta demi bisa bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selama 26 hari ia berjalan kaki. Pengorbanannya tak sia-sia, Agus berhasil menemui Jokowi  pada Selasa (8/5/2018).

Saat bertemu Jokowi, Agus Yuda membeberkan perilaku pungli yang masih marak. Dengan menemui Jokowi, ia berharap masalah-masalah yang dihadapi para sopir truk ini segera dibereskan.

"Selama ini kami bingung dengan pungli dan premanisme, bingung laporannya ke mana. Polsek, Polres, hanya laporan saja, tapi tindak lanjutannya tidak ada," kata Agus di Kompleks Istana Kepresidenan.

Menanggapi aduan tersebut, Jokowi meminta Kementerian Perhubungan dan Polri menindaklanjuti kasus pungutan liar. Jokowi juga meminta oknum yang terlibat pungli ditindak. "Sikat semuanya," tegas Jokowi.

Jokowi menegaskan peran Saber Pungli yang dibentuk pemerintah masih berjalan. "Coba dilihat sekarang Saber Pungli sudah nangkap berapa ribu, tapi masih. Oleh sebab itu, saya dengar, saya dengar-dengar pas ke bawah, saya kumpulkan untuk mengkonfirmasi itu dan ternyata betul. Ya sudah, harus dibersihkan," ujar Jokowi.

Tak hanya Presiden Jokowi yang mendengar keluhan Agus, melainkan juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Syafrudin. Kedua pembantu Presiden itu bahkan menulis keluhan yang disampaikan sejumlah sopir truk termasuk Agus.


Polisi Tak Proses Pidana Pemuda Pengancam Presiden Jokowi, Alasannya Begini

Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat dan 9 Orang Lainnya Terjaring OTT KPK

Masih Berstatus Pelajar, Usai Ditangkap Pemuda Pengancam Presiden Jokowi Ngaku Begini

Viral di Medsos Video Pemuda Ancam Tembak Presiden Jokowi