Foto : Josep Guardiola. (istimewa)

Rekor Manchester City, Guardiola: Jika Ada Tim yang Ingin Memecahkan, Harus Lebih Bagus dari Kami

Ind | Kamis , 10 Mei 2018 - 12:59 WIB

Publicapos.com - Kemenangan 3-1 Manchester City atas Brighton & Hove Albion di Stadion Etihad, Kamis (10/5/2018) dini hari, membuat anak asuh Josep Guardiola mencetak tiga rekor Liga Primer Inggris sekaligus.

Dikutip dari situs resmi Man City, kemenangan atas Brighton membuat tim asuhan Pep Guardiola mencetak tiga rekor sekaligus. Pertama, Man City melewati rekor poin dalam satu musim Liga Primer Inggris.

Koleksi 97 poin Man City musim ini membuat mereka mengalahkan rekor Chelsea (95) poin yang diciptakan pada musim 2008/2009. Dengan satu pertandingan tersisa, Man City bisa menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Primer Inggris yang mampu mengoleksi tiga digit poin dalam satu musim.

Rekor kedua yang diciptakan Man City adalah rekor kemenangan. Sergio Aguero dan kawan-kawan meraih 31 kemenangan dari 37 laga sejauh ini dan melewati rekor 30 kemenangan Chelsea pada musim 2016/2017. 31 kemenangan juga menyamai rekor Tottenham Hotspur di Liga Inggris pada musim 1960/1961.

Man City juga pernah meraih 31 kemenangan dalam satu musim. Namun, hal itu terjadi di kompetisi kasta kedua (Championship) ketika Man City masih dilatih Kevin Keegan pada musim 2001/2002.

Rekor terakhir yang dicetak Man City saat mengalahkan Brighton adalah rekor gol dalam satu musim. Man City kini sudah mencetak 105 gol, dua gol lebih banyak dari rekor Chelsea pada musim 2009/2010. Rekor gol sepanjang masa Liga Inggris adalah milik Tottenham Hotspur yang mencetak 111 gol pada musim 1962/1963.

"Kami tidak bisa membantah, kami sangat bangga. Di Inggris, era 80an menjadi milik Liverpool bersama Kenny Dalglish, Graeme Souness, Ian Rush. Era 90an milik tim Sir Alex Ferguson dengan para pemain seperti Paul Scholes, Roy Keane, David Beckham dan Peter Schmeichel," kata Guardiola kepada Sky Sports, menanggapi rekor-rekor yang dicetak anak asuhnya.

"Setelah itu ada Jose Mourinho dengan tim luar biasanya di Chelsea, yang terdapat John Terry, Frank Lampard, Didier Drogba, Michael Essien dan Claude Makelele, semuanya pemain luar biasa. Dan sebelum itu ada era invincibles dari Arsene Wenger "bersama Arsenal," tambah pria Spanyol tersebut.

"Saya tidak bilang bahwa kami lebih baik dari mereka, namun kami mendapatkan musim terbaik. Tidak ada yang mencetak lebih banyak gol, lebih banyak poin. Sekarang kami meraih 97 angka jadi, jika seseorang ingin mengalahkan rekor tersebut, mereka harus sangat bagus dan memenangkan banyak pertandingan," ucapnya.


Keren, Mohamed Salah Tetap Jalani Ibadah Puasa Jelang Final Liga Champions

Unai Emery Resmi Gantikan Arsene Wenger di Arsenal

Kalahkan Bayern Muenchen, Eintracht Frankfurt Juara DFB Pokal

Chelsea Raih Piala FA Berkat Gol Penalti Hazard