Foto : Presiden Jokowi pastikan pensiunan dapat THR tahun Ini. (istimewa)

Terbitkan PP, Alhamdulillah Jokowi Pastikan Pensiunan Dapat THR Tahun Ini

Jyg | Rabu , 23 Mei 2018 - 14:48 WIB

Publicapos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait tunjangan hari raya (THR), dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tidak hanya PNS, TNI, dan Polri aktif juga akan mendapatkan THR.

Besaran THR yang didapatkan para abdi negara juga lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran yang disediakan pemerintah untuk pembayaran THR dan gaji ke-13 buat PNS, pensiunan, prajurit TNI, dan anggota Polisi sebesar Rp35,76 triliun.

"Untuk jumlahnya sesuai UU APBN, yaitu UU Nomor 15/2017 mengenai APBN tahun 2018 ini dianggarkan untuk rencana pembayaran gaji pensiunan dan tunjangan ke 13, dan THR untuk 2018 ini adalah sebesar Rp35,76 triliun," kata Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

Anggaran THR dan gaji ke-13 yang sebesar Rp35,76 triliun, kata Sri Mulyani meningkat 68,9% dibandingkan tahun sebelumnya. "Ini meningkat karena tadi, tahun lalu pensiunan nggak dapat THR dan tahun ini THR-nya termasuk di dalamnya tunjangan kinerja," jelas Sri Mulyani.

Mengenai rinciannya, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan untuk gaji pokok yang dialokasikan pada THR sebesar Rp5,24 triliun, untuk tunjangan pada THR sebesar Rp5,79 triliun, sedangkan THR untuk pensiunan sebesar Rp6,85 triliun.

Sedangkan untuk gaji ke-13, kata Sri Mulyani untuk gaji pokok sebesar Rp5,24 triliun, tunjangannya sebesar Rp 5,79 triliun, dan pensiunan ke-13 Rp6,85 triliun. "Untuk pembayarannya kami keluarkan PMK (peraturan menteri keuangan) kemudian dilakukan semua proses oleh satuan tugas (satgas)," jelas dia.


Jaman Jatim Rapatkan Barisan Dukung Jokowi Dua Priode

Soal Kehadiran Riza Chalid di Kuliah Umum NasDem, Begini Kata Jaksa Agung

Sakit Infeksi Ginjal, Sejumlah Tokoh Jenguk SBY di RSPAD

798 Laporan Gratifikasi Senilai Rp7,2 Miliar Masuk ke Meja KPK