Foto : Ilustrasi pelaku pembunuhan bocah GG di Bogor. (istimewa)

Pembunuhan Balita yang Ditemukan Dalam Karung di Bogor Terungkap, Pelakunya Masih di Bawah Umur

Jyg | Sabtu , 26 Mei 2018 - 02:03 WIB

Publicapos.com - Polres Bogor akhirnya mengungkap kasus pembunuhan GG, bocah balita yang ditemukan dalam karung di kebun singkong di Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Selasa (1/5/2018) dini hari lalu. Pelakunya adalah anak di bawah umur.

Pelaku yang berinisial R tak lain tetangga korban. "Sudah satu orang ditangkap dan dilakukan penahanan atas nama R umur 15 tahun," kata Kapolres Bogor, AKBP AM Dicky Pastika Gading dalam keterangannya, Jumat (25/5/2018).

Dicky mengatakan, polisi sudah melakukan rekonstruksi alias reka ulang peristiwa pembunuhan GG, Kamis (24/5/2018) lalu. Sebelum itu, penyidik juga berulang kali menggelar olah TKP (tempat kejadian perkara) untuk mengusut kasus tersebut.

Berdasarkan hasil gelar perkara itu, kata Dicky, polisi semakin yakin untuk menetapkan R sebagai tersangka, sehingga diputuskanlah untuk menangkap yang bersangkutan pada Rabu (23/5/2018) dini hari WIB.

"Dan terhadap kasus itu kita yakinkan kembali rekonstruksi kemarin siang. Kita tidak mau terburu-buru dalam kasus ini, kita olah TKP berulang kali dan hasil gelar R jadi tersangka kita lakukan penangkapan dan penahanan," kata Dicky.

Berdasar hasil penyidikan polisi, terungkap bahwa motif pelaku membunuh GG karena merasa dendam dengan orang tua korban. Kendati demikian, Dicky tidak menjelaskan lebih jauh apa yang membuat R merasa dendam terhadap orang tua GG.

"Untuk motifnya, R ini merasa dendam dan jengkel dengan orang tua korban. Pelampiasannya itu lalu disalurkan dengan membunuh korban, terjadi secara sudden (tiba-tiba), tanpa perencanaan," tuturnya.

Dicky mengatakan, mengingat R masih di bawah umur, polisi menerapkan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak. "Pelaku  masih berusia 15 tahun, masih di bawah umur. Oleh karena itu, terikat padanya UU Sistem Peradilan Pidana Anak, sehingga ada pembedaan dalam penanganan kasusnya," katanya.

Sebelumnya, GG ditemukan tewas terbungkus karung beras bening di sebuah kebun dekat Kompleks Perumahan Bogor Asri, Kelurahan Naggewer Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa 1 Mei 2018 pukul 01.00 WIB.  Sebelum jasadnya ditemukan warga, bocah perempuan itu sempat hilang dari rumahnya sejak Senin 30 April 2018, sekira pukul 10:00 WIB.


Balita Turut Jadi Korban, Ini Identitas Kebakaran Maut Kos-kosan di Surabaya

Buntut Unjuk Rasa di Sukabumi, Belasan Orang Terluka

Heboh Polisi Blora Tampar perempuan Hingga Pingsan, Begini Ceritanya