Foto : Polisi libatkan ahli bahas korban bunuh begal di Bekasi. (istimewa)

Masih di Bawah Umur, Bagaimana Status Hukum Pembacok Begal Motor di Bekasi?

Jyg/Ant | Senin , 28 Mei 2018 - 20:25 WIB

Publicapos.com - Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Bekasi Kota, Jawa Barat, melibatkan tim ahli dari kalangan akademisi untuk memberikan pertimbangan hukum terhadap kasus pembunuhan seorang pelaku begal bernama Aric Saipulloh (18) oleh korbannya berinisial MIB (19) yang berani melawan, Rabu (23/5/2018) malam lalu.

"Saat ini MIB telah kita tetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan terhadap Aric Saipulloh, meskipun secara keterangan MIB mengaku membela diri dari serangan begal," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal KepolisianKasat Reskrim Polrestro Bekasi Kota AKBP Jairus Saragih di Bekasi, Senin (28/5/2018).

Menurut dia, penjatuhan status sebagai tersangka dilatarbelakangi perbuatan MIB yang menghilangkan nyawa orang sesuai Pasal 351 ayat 3 KUHP tentang hilangnya nyawa seseorang.

Hingga kini MIB mendekam di penjara Mapolrestro Bekasi Kota sambil menunggu hasil konsultasi kepolisian kepada tim ahli. "Kami melibatkan dua tim ahli dari kalangan akademisi. Kita minta masukan apakan perbuatan MIB bisa dikatakan sebagai bela diri atau tidak," katanya.

Konsultasi tim ahli, dikemukakannya, membutuhkan waktu selama sepekan ke depan untuk memutuskan apakahh status tersangka terhadap MIB akan dilanjutkan hingga proses pengadilan atau digugurkan. "Pendapat ahli nanti bisa menggugurkan status tersangka MIB bila memang perbuatannya itu masuk dalam kriteria membela diri," katanya.

Selain MIB, polisi juga menjatuhkan status tersangka kepada Indra Yulianto selaku rekan Aric karena polisi mengantongi bukti keterlibatannya dalam kasus pencurian motor dengan korban yang lain. "Kemarin Indra sudah keluar dari rumah sakit setelah menjalani pengobatan luka bacokan celurit yang dilakukan MIB saat terlibat duel dengan Aric," katanya.

Pelaku begal bernama Aric Saipulloh tewas ditangan korbannya, MIB, saat sedang beraksi di Jalan Layang Summarecon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu malam (23/5).

Aric tewas akibat sabetan celurit miliknya sendiri yang jatuh ke tangan MIB saat keduanya terlibat duel. Selain menewaskan Aric, kejadian tersebut juga melukai Indra rekan Aric dengan luka serius karena terkena sabetan celurit yang sama.


Waspada `Begal Payudara` Kembali Beraksi di Depok, Begini Ciri-cirinya

Hari Ulang Tahun Jakarta ke-491: Adil, Maju dan Bahagia

Bandit Spesialis Pencuri Rumah Kosong Ditembak Polisi

Jelang Arus Mudik dan Lebaran, Dinkes Jamin Puskesmas di Tangsel Tetap Beroperasi