Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi. (istimewa)

Jelang Arus Mudik dan Lebaran, Dinkes Jamin Puskesmas di Tangsel Tetap Beroperasi

Jyg | Rabu , 06 Juni 2018 - 02:40 WIB

Publicapos.com - 36 Puskesmas yang ada  di 13 Kecamatan di Tangerang Selatan dipastikan akan tetap beroperasi saat arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri 2018.

"Seluruh pelayanan di 36 Puskesmas akan tetap melayani seperti biasa. Perawat dan dokter akan bertugas secara bergantian demi kenyamanan masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr. Liza Puspadewi.

Tak hanya Lebaran, kata Liza, bahkan Puskesmas tetap beroperasi saat mudik.
"Seluruh petugas di Puskesmas telah diberikan arahan untuk membantu pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan, mulai dari obat-obatan maupun perawatan," terangnya.

"Nantinya, seluruh puskesmas tersebut akan menjadi penanganan pertama bagi pemudik atau warga Tangerang yang membutuhkan perawatan sebelum dibawa ke rumah sakit jika memang dalam kondisi gawat darurat," papar Liza.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Tangerang telah meningkatkan status pelayanan di sejumlah Puskesmas. "Hingga saat ini ada 18 unit Puskesmas yang melayani Unit Gawat Darurat (UGD) 24 Jam," katanya.

Liza melanjutkan, ada 15 unit Puskesmas yang melayani UGD 24 jam dan persalinan, serta ada empat unit Puskesmas yang melayani UGD 24 jam untuk persalinan dan rawat inap. Oleh karenanya, Dinkes Kota Tangerang pun telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Kepolisian dan TNI melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat Lebaran 2018.

"Intinya, seluruh Puskesmas sudah siap dan memberikan pelayanan. Kami sebagai tempat penanganan awal, siap melayani kebutuhan pemudik maupun masyarakat lainnya yang membutuhkan penanganan medis," kata Liza.


Bandit Spesialis Pencuri Rumah Kosong Ditembak Polisi

Polda Akan Gelar Operasi Ketupat 2018 Pada 7 Juni

Cerita Viral Alif, Bocah yang Hanya Makan Nasi dan Garam Saat Sahur