Foto : Logo Kemenristekdikti

Kemenristekdikti Akan Menyelenggarakan Anugerah Iptek Tahun 2018

rhr | Jumat , 08 Juni 2018 - 19:23 WIB

Publicapos.com - Hari kebangkitan teknologi nasional (HAKTEKNAS) diperingati sebagai tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa tersebut menjadi bukti kemampuan bangsa Indonesia saat itu dalam menghasilkan inovasi.

Sejalan dengan upaya percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2018 akan menyelenggarakan penganugerahan bagi karya inovasi nasional yang memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian momentum dalam memperingati HAKTEKNAS yang akan dilaksanakan di kota Pekanbaru pada 10 Agustus 2018 dengan tema “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi". Menristekdikti akan memberikan Anugerah Iptek tersebut pada Acara puncak HAKTEKNAS di hadapan Presiden R.I dan Undangan.

Tujuan dari penyelenggaraan Anugerah Iptek tahun 2018, antar lain adalah:
1. Mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia;

2. Membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial-budaya secara berkelanjutan;

3. Memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi (individu, organisasi, lembaga) agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antar unsur inovasi.

Terdapat 8 (delapan) Kategori Anugerah Iptek Tahun 2018 yang rencana akan diberikan yaitu antara lain:
1. Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Provinsi atas penguatan Sistem Inovasi Daerah.

2. Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dalam penguatan Sistem Inovasi Daerah.

3. Anugerah Widyapadhi, untuk mengapresiasi prestasi Perguruan Tinggi dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

4. Anugerah Prayoga Sala, untuk mengapresiasi prestasi Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pusat Unggulan Iptek dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

5. Anugerah Abyudaya, untuk mengapresiasi prestasi industri dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan dan membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

6. Anugerah Adibrata, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat ilmiah dalam menghasilkan produk inovasi.

7. Anugerah Labdha Kretya, untuk mengapresiasi prestasi masyarakat umum dalam menghasilkan produk inovasi.

8. Anugerah Widya Kridha, untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan sistem inovasi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kemenristekdikti melalui Direktorat jenderal Penguatan Inovasi telah melaksanakan Sosialisasi Kegiatan Anugerah Iptek Tahun 2018 untuk kategori Budhipura dan Budhipraja (pemerintah daerah) beberapa waktu lalu.
 
Pendaftaran Anugerah Iptek untuk kategori Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota/Kabupaten, dan Perguruan Tinggi dibuka secara online sejak tanggal 30 Mei 2018 – 12 Juli 2018 yang dapat di akses pada (http://anugerahiptek.ristekdikti.go.id ).
 


Kemenristekdikti Berlangganan E-Journal, Dosen dan Peneliti Bisa Akses Secara Gratis

Kemenristekdikti Dorong Patani Terapkan Teknologi IPAT-BO Tanam Padi Varietas Sidenuk