Foto : Julen Lopetegui dikontrak Real Madrid dengan durasi tiga tahun ke depan. (istimewa)

Resmi Jadi Pelatih Baru Real Madrid, Julen Lopetegui Dikontrak Selama Tiga Tahun

Jyg | Rabu , 13 Juni 2018 - 06:50 WIB


Publicapos.com - Real Madrid resmi menunjuk Julen Lopetegui menjadi pelatih kepala yang sempat kosong setelah ditinggal Zinedine Zidane. Lopetegui dikontrak Real Madrid dengan durasi tiga tahun ke depan.

Keputusan ini cukup mengejutkan lantaran Lopetegui baru memperpanjang masa kerjanya di timnas Spanyol hingga Euro 2020. "Julen Lopetegui bakal menjadi pelatih Real Madrid CF usai gelaran Piala Dunia 2018," rilis laman resmi Los Galacticos.

"Lopetegui akan menjadi pelatih kepala untuk kontrak tiga musim ke depan. Dia segera bergabung ke tim utama, setelah dua tahun menangani timnas Spanyol," tutupnya.

Lopetegui boleh dibilang jadi pilihan yang ideal bagi Madrid. Sebab, dia sudah tidak asing lagi dengan Real Madrid. Saat masih aktif sebagai pemain, Lopetegui pernah membela panji Real Madrid. Meskipun namanya memang tidak begitu dikenal. Lopetegui lama bermain di Madrid Castilla selama periode 1988 hingga 1991.

Ia pernah bermain di tim utama Madrid, namun hanya sebagai pemain cadangan. Karirnya memang tidak begitu moncer sebagai pemain di Madrid. Pada tahun 2008 hingga 2009 silam, Lopetegui pernah jadi pelatih di Madrid Castilla.

Selain itu, Lopetegui kini sedang melatih Timnas Spanyol. Ia akan memimpin Andres Iniesta dkk. di Piala Dunia 2018, 14 Juni-15 Juli mendatang. Bahkan Lopetegui baru saja memperpanjang kontraknya hingga 2020.

Di Timnas Spanyol, Lopetegui punya statistik mentereng. Sejak menukangi Tim Matador pada 21 Juli 2016, ia sudah melakoni 20 pertandingan dengan rincian 14 kali menang dan enam kali seri. Itu berarti persentase kemenangan Lopetegui mencapai 70%.

Adapun sebelumnya Lopetegui juga sempat melatih klub yakni Porto. Di Portugal, ia punya rekor meraih 53 kemenangan, 16 imbang, dan hanya sembilan kali kalah dari 78 pertandingan.

Lopetegui juga sempat menukangi Timnas Spanyol U-19 dan U-21. Kedua tim muda itu ia antar menjadi juara Eropa masing-masing pada 2012 dan 2013.


Menang Tos-tosan Atas Denmark, Kroasia Tantang Rusia di Perempat Final

Jerman dan Cerita Kutukan Juara Bertahan yang Tersingkir di Fase Grup

Portugal, Spanyol dan Iran Masih Berpeluang Lolos, Begini Peluangnya

Catat Jam Mainnya Mesir vs Uruguay, Maroko vs Iran, Hingga Bigmatch Portugal vs Spanyol