Foto : Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengadakan pertemuan di Istana Batu Tulis, Bogor. (istimewa)

Megawati Beri Masukan, Begini Kriteria dan Figur Cawapres yang Cocok Mendampingi Jokowi

Jyg | Rabu , 13 Juni 2018 - 19:35 WIB

Publicapos.com - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengadakan pertemuan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018). Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah soal pilpres 2019. Mega berpesan kepada Jokowi soal rencana pemilihan calon wakil presiden untuk Pilpres 2019.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, sosok calon wakil presiden ini penting untuk ditentukan pada Pemilu 2019. Menurut Hasto, pertemuan tersebut dalam suasana santai dan kekeluargaan.

Megawati memberikan masukan kepada Jokowi, agar segala sesuatu dilakukan dengan pertimbangan matang, dan terus melakukan kontemplasi agar benar-benar memahami aspirasi rakyat Indonesia, sambil memohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Presiden dan wakil presiden itu merupakan pemimpin rakyat, pemimpin bangsa dan negara. Semua harus dipersiapkan secara matang, dengan pertimbangan nurani yang jernih. Siapapun yang ditetapkan sebagai cawapres, maka Pak Jokowi dan calon wakilnya merupakan satu kesatuan. Momentumnya dilakukan pada saat yang tepat," kata Megawati, seperti dikutip dalam pernyataan itu.

Selain membicarakan kriteria dan figur calon wakil presiden, menurut Kristiyanto, pertemuan mereka juga membicarakan sejumlah hal strategis soal pemerintahan.

Kristiyanto menjelaskan, pertemuan kedua tokoh ini, tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dan kali ini secara khusus membahas narasi kemajuan Indonesia Raya.

"Ibu Megawati memberikan apresiasi kepada Bapak Jokowi bahwa mudik lebaran tahun ini berjalan lancar. Kerja, kerja, dan kerja, terbukti menjadi jawaban paling tepat di tengah berbagai kritikan. Hasilnya sudah terbukti, infrastruktur untuk mengenjot pertumbuhan ekonomi ke depan telah dibangun dengan baik," kata Kristiyanto.

Meski demikian, tidak dijelaskan lebih lanjut sosok cawapres yang dibahas keduanya. Saat ini, beberapa nama sering dikaitkan sebagai cawapres Jokowi seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy dan sejumlah tokoh lain seperti Mahfud MD.

Ini merupakan kali kedua Jokowi dan Mega bertemu. Sebelumnya, Jokowi dan Megawati pernah melakukan pertemuan pada 20 Februari atau sebelum rapat kerja nasional PDIP digelar. Rakernas PDIP sendiri memutuskan mencalonkan kembali Jokowi sebagai presiden pada pilpres 2019.


Fenomena Kemunculan Spanduk Politik di Musim Mudik

Pro Kontra `Umroh Politik` Prabowo, Amien Rais, dan Elite PKS

Mantan Koruptor Nyaleg, Presiden Jokowi: Itu Hak Seseorang untuk Berpolitik