Foto : Pangeran Arab Saudi, Mohammad bin Salman, Presiden FIFA, Gianni Infantino (tengah), dan Vladimir Putin. (istimewa)
Piala Dunia 2018

Permak Arab Saudi Lima Gol Tanpa Balas, Begini Pujian Putin untuk Rusia

Jyg | Jumat , 15 Juni 2018 - 04:39 WIB

Publicapos.com - Tuan rumah, Rusia permak Arab Saudi 5-0 laga pembuka Piala Dunia 2018, babak penyisihan Grup A yang berlangsung di Luzhiniki Stadium, Moskow, Kamis (14/6/2018). Kesuksesan tersebut mendapat apresiasi dari Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Kepala negara memanggil saya dan memberi selamat kepada saya, mengatakan kepada saya untuk terus bermain seperti apa adanya, untuk terus maju," kata pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov kepada wartawan, seperti dilansir AFP.

Anak asuh Cherchesov awalnya memasuki Stadion Luzhniki yang berkapasitas 80.000 tempat duduk, dengan tekanan yang kuat dari warga Rusia agar memberikan penampilan yang terbaik. Terlebih Putin menyaksikan laga tersebut bersama Pangeran Arab Saudi, Mohammad bin Salman di box VIP.

Tanda-tanda kemenangan Rusia sudah terlihat di menit 12. Gol dicetak oleh Yury Gazinskiy. Tandukan Gazinskiy bersarang di gawang Arab Saudi yang dikawal Abdullah Al-Maiouf, usai menerima umpan dari Aleksandr Golovin.

Rusia menggandakan kedudukan di menit 43, lewat gol Denis Cheryshev. Eks pemain Real Madrid ini mengecoh barisan pertahanan The Green Falcons, usai menerima sodoran Roman Zobnin.

Memasuki babak kedua, Rusia sama sekali tak mengendurkan serangan. Hasilnya terlihat di menit 71. Artem Dzyuba yang baru masuk sebagai pemain pengganti menambah keunggulan tuan rumah. Dzyuba sukses memanfaatkan umpan silang dari Aleksandr Golovin. Gol tersebut tak lama tercipta usai dia menggantikan Fedor Smodov.

Memasuki injury time, Rusia benar-benar membuat Arab tak berdaya. Cherysev mencetak gol keduanya di laga ini, lewat gol yang terbilang cantik. Menit 90+4, Rusia menambah gol. Kali ini, Aleksandr Golovin sukses mencetak gol lewat tendangan bebas.

Skor 5-0 untuk kemenangan Rusia bertahan hingga laga usai. Tentunya, ini menjadi hasil manis bagi tuan rumah sebelum melakoni laga kedua.

Selanjutnya Rusia akan bertanding melawan Mesir pada 19 Juni di Saint Petersburg dan melawan dua kali juara Piala Dunia, Uruguay, di Samara pada 25 Juni.


Cerita Menarik Lalu Muhammad Zohri, Dari Insiden Bendera Hingga Makanan Sebelum Bertanding

Menang Tos-tosan Atas Denmark, Kroasia Tantang Rusia di Perempat Final

Jerman dan Cerita Kutukan Juara Bertahan yang Tersingkir di Fase Grup

Brasil dan Swiss Lolos ke Babak 16 Besar