Foto : Ilustrasi (istimewa)

Ponsel Platform OS Tak Akan Bisa Gunakan WhatsApp

Jyg | Jumat , 22 Juni 2018 - 15:48 WIB

Publicapos.com - WhatsApp dikabarkan tak akan melayani sejumlah smartphone seri lama yang masih menggunakan platform OS. Dengan demikian, pengguna yang masih memiliki ponsel-ponsel ini tidak akan lagi bisa menjalankan aplikasi pesan instan tersebut.

Pencabutan layanan dimulai dengan sistem operasi Nokia Symbian S40. Terhitung per 31 Desember 2018, ponsel dengan OS tersebut sudah tak dapat lagi menikmati aplikasi WhatsApp.

Menyusul kemudian, smartphone dengan sistem operasi Android Gingerbread versi 2.3 sampai 2.3.7. Ponsel yang berjalan dengan OS ini juga tidak bisa lagi mengunduh aplikasi WhatsApp versi terbaru. Terhitung per 1 Februari 2020, aplikasi perpesanan ini sudah tidak beroperasi lagi pada sistem operasi tersebut.

Tak hanya di OS Android, smartphone dengan sistem operasi iOS juga terancam oleh regulasi WhatsApp. OS iOS 7 mulai tanggal 1 Februari 2020 juga akan kehilangan layanan WhatsApp.

WhatsApp akan tetap bisa digunakan pada sistem operasi tersebut hingga tanggal pencabutannya, tapi sudah tidak dimungkinkan lagi bagi penggunanya untuk membuat akun WhatsApp baru. Terlebih, mereka menyatakan ada beberapa fitur yang dapat berhenti fungsi.

Dalam unggahan blog resminya, WhatsApp menuliskan, "Jika Anda memiliki satu akun diperangkat yang lama, cukup instal WhatsApp dan verifikasi nomor telepon di perangkat baru yang memadai. Perlu diingat bahwa WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu."

Berikut ini daftar ponsel yang sudah tidak mendapatkan dukungan WhatsApp sejak Desember. Ponsel tersebut antara lain BlackBerry OS, termasuk BlackBerry 10 dan Windows Phone 8.0 dan yang lebih tua.

Selain itu, ponsel yang tidak lagi mendapatkan dukungan WhatsApp seperti Nokia Symbian S60, iPhone 3GS/iOS 6, perangkat Android yang lebih tua dari versi 2.3.3.

Apabila pengguna menggunakan versi sistem operasi lama tersebut, WhatsApp merekomendasikan agar pengguna melakukan update setidaknya ke versi Android running OS 4.0+, iPhone running iOS 8+ serta Windows Phone 8.1+.
 


Oppo Luncurkan Produk Baru Oppo A71 dengan Dibandrol Rp 2,7 Jutaan

WhatsApp Bakal jadi Aplikasi Pendukung Pelaku Bisnis

Ucapan Selamat Tinggal pada Windows Vista