Foto : Kemunculan buaya di Kali Grogol. (istimewa)

Buaya Muncul di Kali Grogol, Petugas Pasang Papan Tanda Bahaya

Jyg | Kamis , 28 Juni 2018 - 15:05 WIB

Publicapos.com - Kemunculan buaya kembali bikin geger warga Kali Grogol di Jalan Latumenten, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Rabu (27/6/2018) pagi kemarin. Tak hanya warga, pengendara yang melintas pun penasaran dengan penampakan buaya tersebut.

Jumlah buaya yang muncul di permukaan Kali Grogol sempat simpang siur. Seorang warga mengaku dirinya melihat ada dua ekor. Namun, dari keterangan warga lainnya menyatakan sering melihat ada tiga buaya di Kali Grogol.

Petugas berwenang langsung bergerak mencari hewan reptil tersebut. Seperti dikutip, detik.com, petugas melakukan penyisiran di sepanjang Kali Grogol. "Kendalanya kali terlalu dalam dan penuh lumpur. Kedua kan dengan tadi moncong keluar bisa kita tangkep dengan metode alami menggunakan jepit, itu ya kita kesulitan," ucap Subdid Sumber Daya Genetik KLHK, Wiwid Widodo.

Sementara itu, lalu lintas di sekitar lokasi menjadi tersendat karena banyak kendaraan yang parkir di jalan  untuk melihat buaya tersebut. "Mau 24 jam juga harus kita lakukan evakuasi, tapi jangan kayak begini, nggak akan dapet. Buaya juga takut lihat manusia," kata Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK Indra Eksplotasia.

Rencananya pencarian akan terus dilakukan selama 7 hari. Jika belum ditemukan, petugas suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat akan memberi tanda larangan untuk warga.

"Standarnya 7 hari kita lakukan evakuasi, plus tadi ya terakhir kita lakukan pantauan kalau sewaktu-waktu muncul kita akan minta bantuan ke pemerintah pemda, sementara pasang papan larangan kalau sampai 7 hari ke depan tidak bisa kita kuasai," ujar Petugas operasional Damkar Tanjung Duren, Ahmad Rasuli.


Hari Ulang Tahun Jakarta ke-491: Adil, Maju dan Bahagia

Soal Buaya di Pondok Dayung Tanjung, Pengelola Ancol Minta Masyarakat Tak Khawatir

Pemprov DKI Gratiskan Transjakarta untuk Sukarelawan dan Jurnalis Peliput Asian Games