Foto : Kroasia maju ke babak perempat final usai mengalahkan Denmark lewat adu penalti. (EeningStandard)

Menang Tos-tosan Atas Denmark, Kroasia Tantang Rusia di Perempat Final

Jyg | Senin , 02 Juli 2018 - 04:56 WIB

Publicapos.com - Kroasia melaju ke babak perempat final Piala Dunia untuk menantang Rusia, setelah menang dramatis 3-2 atas Denmark lewat adu penalti di Stadion Nizhny Novogorod, Senin (2/7/2018) dini hari WIB.

Laga dimulai dengan gol cepat saat pertandingan belum genap berjalan lima menit. Denmark membuka keunggulan pada detik ke-57 ketika Mathias Jorgensen menyepak bola yang kemudian mengenai kaki kiper Danijel Subasic, namun Mario Mandzukic menyamakan kedudukan untuk Kroasia tiga menit kemudian.

Kedudukan tak berubah hingga 90 menit waktu normal dan babak tabahan waktu 2x15 dimainkan. Kroasia sempat memiliki peluang untuk menyelesaikan pertandingan di menit-menit awal laga babak kedua tambahan waktu, lewat titik penalti.

Penalti diberikan oleh wasit Nestor Pitana dari Argentina, menyusul pelanggaran yang dilakukan Jorgensen terhadap Ante Rebic. Namun eksekusi 12 pas yang dilakukan Luka Modric dapat diantisipasi kiper Denmark, Kasper Schmeichel. Kedudukan 1-1 pun tak berubah hingga 120 menit pertandingan berakhir.

Babak tos-tosan pun dimulai. Dua penendang pertama dari kedua tim, sama-sama gagal melaksanakan tugasnya, yakni Christian Eriksen (Denmark), dan Milan Badelj (Kroasia).

Dua penendang Denmark selanjutnya, yaitu Simon Kjaer dan Michael Krohn-Dehli sukses membobol gawang Subasic. Sedangkan Andrej Kramaric dan Luka Modric berhasil menyeimbangkan keadaan.

Lasse Schoene dan Nicolai Joergensen gagal menaklukan Subasic. Di kubu Kroasia, Josip Pivaric dan Ivan Rakitic sukses menaklukan Kasper Schmeichel dan membawa Kroasia unggul 3-2 atas Denmark, dan berhak menantang tuan rumah Rusia di Sochi pada Sabtu (7/7/2018) mendatang.

Rusia vs Spanyol
Sebelumnya, Rusia sempat tertinggal lebih dulu setelah Sergei Ignashevich membobol gawang timnya sendiri pada menit ke-12. Namun, tim Beruang Merah bangkit dan membuat skor menjadi sama kuat 1-1, setelah Artem Dzyuba mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-41.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga 120 menit pertandingan berjalan. Alhasil, penentuan pemenang harus dilakukan lewat drama adu penalti.

Keempat penendang Rusia yakni Fedor Smolo, Sergei Ignashevich, Aleksandr Golovin, dan Denis Cheryshev menjalankan tugasnya dengan baik.

Di sisi lain, hanya Andres Iniesta, Gerard Pique, dan Sergio Ramos yang berhasil mengemban tanggung jawab sebagai algojo di timnas Spanyol, sedangkan Koke serta Iago Aspas tidak mampu mencetak gol. Rusia pun akhirnya menang 4-3 atas Spanyol.


Cerita Menarik Lalu Muhammad Zohri, Dari Insiden Bendera Hingga Makanan Sebelum Bertanding

Jerman dan Cerita Kutukan Juara Bertahan yang Tersingkir di Fase Grup

Brasil dan Swiss Lolos ke Babak 16 Besar