Foto : Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto. (istimewa)

Sakit Infeksi Ginjal, Sejumlah Tokoh Jenguk SBY di RSPAD

Jyg | Kamis , 19 Juli 2018 - 15:57 WIB

Publicapos.com - Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, sejak Selasa (17/7/2018) lalu.

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla sudah menjenguk Ketua Umum Partai Demokrat itu. Setelah berada hampir 15 menit di dalam ruangan, Jokowi menyebut, SBY kondisinya makin membaik. "Kami lihat juga cukup baik, lebih sehat," kata Jokowi, Kamis (19/7/2018).

Menurut Jokowi, SBY mengalami kelelahan setelah hampir dua minggu belakangan kerap berkeliling ke sejumlah daerah. Jokowi pun meminta masyarakat mendoakan Ketua Umum Partai Demokrat itu, agar segera pulih dan kembali beraktivitas. "Kita semua berdoa," kata Jokowi.

Sementara itu, Jusuf Kalla meminta SBY menjaga kesehatannya. Saran JK, di tengah kesibukannya sebagai pimpinan partai dan tokoh nasional, SBY harus memerhatikan asupan makan ketika berkunjung ke daerah. "Banyak makan (waktu) di daerah," kata Kalla.

Buntut dirawatnya SBY membuat dirinya batal menggelar pertemuan politik dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang sejatinya digelar Rabu (18/7). Namun, akhirnya pertemuan itu terjadi di RSPAD kala Prabowo membesuk SBY. Usai membesuk, Prabowo menegaskan tak ada perbincangan politik dan tak ingin membincangkan politik bersama SBY yang sedang terbaring sakit.

Selain Jokowi, JK dan Prabowo, tokoh lain yang menjenguk SBY adalah Presiden ketiga RI, BJ Habibie. Ia tiba di sana sekitar pukul 13.52 WIB ditemani sejumlah ajudannya. Saat ditanya mengenai kabarnya, salah satu teknokrat yang menonjol di Indonesia itu menjawab baik. "Baik, sehat," jawab BJ Habibie.

Sementara Ketua Dewan Pembina Golkar, Aburizal Bakrie mengatakan, SBY menderita sakit infeksi ginjal. "Sakit di ginjal katanya. Infeksi di ginjal. Karena kecapekan barang kali," ujar Aburizal usai menjenguk SBY.

Aburizal mengatakan SBY belum sembuh sepenuhnya tetapi wajahnya cerah. Dia berharap SBY cepat sembuh dan bisa segera keluar dari rumah sakit. "Beliau belum sembuh, tapi SGOT (serum glutamic pyvuric transaminase) dan SGPT (serum glutamic oxaloacetic transaminase) sudah menurun. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini bisa keluar lah gitu. Tapi Alhamdulillah wajahnya cerah," kata Aburizal.


Jaman Jatim Rapatkan Barisan Dukung Jokowi Dua Priode

Soal Kehadiran Riza Chalid di Kuliah Umum NasDem, Begini Kata Jaksa Agung

Sampaikan Duka Cita, Jokowi Pastikan Korban KM Sinar Bangun Dapat Santunan