Foto : Istimewa

Direktur PTKI Tutup Pekan Kreativitas Mahasiswa PTKIN Se-Sumatera

kis | Jumat , 12 Oktober 2018 - 20:21 WIB

Publicapos.com - Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) I PTKIN se-Sumatera telah membuktikan ada banyak mahasiswa asuhan Kementerian Agama yang memiliki potensi dalam dunia olahraga, seniman, dan penelitian, tidak kalah dengan kalangan mahasiswa di perguruan tinggi umum.  
 
Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Arskal Salim GP mengatakan melalui even Pekan Kreativitas Mahasiswa ini, ia yakin akan muncul olahragawan, seniman dan peneliti-peneliti muda yang ahli di bidangnya, agar berkontribusi pada pembangunan bangsa.
 
“PTKIN diharapkan menjadi tempat berseminya para atlit yang berkontribusi pada even-even nasional dan internasional untuk mengharumkan nama bangsa dan negara," tegasnya pada penutupan resmi agenda itu, Jumat (12/10) di Palembang. 
 
Selain itu lanjut Arskal, PKM merupakan ajang untuk menajamkan intelektualitas (olah pikir), menajamkan emosional dan moralitas (olah rasa) dan penempaan fisik (olah raga) bagi mahasiswa. Dalam bahasa agama di kenal dzikir, fikir dan amal sholeh.
 
Alumni UIN Jakarta ini menegaskan institusi pendidikan tinggi keagamaan Islam berperan penting untuk menyiapkan manusia Indonesia yang berkualitas, berdaya saing tinggi, daya imajinasi, kreativ dan apresiasi terhadap seni-budaya.
 
“Persoalan olah raga dirasa sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup, namun sayangnya kita masih berwacana, miskin implementasi dari pada aksi”, katanya.
 
Mengakhiri sambutannya Arskal menegaskan mahasiswa sebagai aktor utama kampus, harus mempunyai kemampuan untuk menemukan (inventor), menciptakan (creator) dan melakukan pembaharuan (inovasi) agar mampu berkompetisi secara sehat dalam medan kehidupan. 
 
Sementara itu Rektor UIN Raden Fatah Palembang Sirozi mengatakan para atlit telah berjuang dan memberikan prestasi terbaik di ajang PKM ini. “Saya bangga terhadap telah menunjukan sportivitas, daya juang dan sekaligus menjaga marwah PTKIN”, katanya.
 
Perhelatan PKM telah diikuti oleh 568 atlit dan seniman yang berasal dari 20 PTKIN se-Sumatera. Kegiatan telah berlangsung dari tanggal 8-13 Oktober 2018. 
 
Hadir dalam acara penutupan PKM adalah Wakil Rektor I, II, III dan Kepala Biro dilingkungan UIN Raden Fatah Palembang, Wakul Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama se-Sumatera, official, pelatih dan seluruh peserta.
 
Juara umum diraih oleh UIN Raden Fatah Palembang dengan 14 emas, 8 perak dan 5 perunggu. IAIN Metro Lmpung harus puas di posisi runner up dengan 11 emas, 10 perak dan 1 perunggu sedangkan posisi ketiga diraih oleh UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan 4 emas dan 4 perunggu.
 
Berikut 10 Besar perolehan medali terbanyak dalam PKM I PTKIN se-Sumatera UIN Raden Fatah Palembang, IAIN Metro Lmpung, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Raden Intan Lampung, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Sumatera Utara, STAIN Bengkalis, UIN Imam Bonjol Padang dan IAIN Kerinci Jambi. Total medali yang diperebutkan 153 dari 30 cabang perlombaan dan pertandingan.


Kemenag: Idealisme Sifat Luhur Kepahlawanan Yang Harus di Teladani

Kemenag Minta Pimpinan Ormawa PTKIN Taat Aturan

Kemenag Gelar Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa, Raih Total Hadiah 45 Juta!

Menpora Imam Nahrawi Pesan kepada Pengurus IQRA DKI Jakarta, Hasil Riset Harus Bisa Diimplementasikan