Foto : Narasumber kegiatan Climate Institute Launching Program dan Talkshow yang bertemakan "Mengarusutamakan Isu Lingkungan Untuk Generasi Milenial" di Bakoel Kafe, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018) kemarin malam.

Climate Institute: Perlu mengarusutamakan Isu Lingkungan dalam Kebijakan di Indonesia

rhr | Jumat , 19 Oktober 2018 - 15:20 WIB

Publicapos.com - Isu lingkungan begitu penting di Indonesia karena data riset membuktikan bahwa, arah pembangunan sama sekali tidak ramah lingkungan, tidak memperioritaskan energi yang ramah, pemerintah belum menggunakan pendekatan perubahan iklam dalam menyusun kebijakan.

Demikian perbincangan pada kegiatan Climate Institute Launching Program dan Talkshow yang bertemakan "Mengarusutamakan Isu Lingkungan Untuk Generasi Milenial" di Bakoel Kafe, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018) kemarin malam.

"Saya kira ini semua menyebabkan kehkawatiran kita, harus ada yang melakukan revolusi saat ini, itulah alasan kami kenapa mengangkat tema bahwa perlunya mengarusutamakan isu lingkungan dalam perubahan kebijakan di Indonesia," kata Tim Climate Institute, Billy Aries.

Billy juga menjelaskan, saat ini, generasi milenial telah menjadi aktor utama untuk mengatasi permasalahan lingkungan global, sekaligus menjadi kelompok utama yang terdampak jika tidak ada tindakan nyata. Kesadaran ini baginya sangat penting dipahami karena akan menjadi landasan dalam upaya perubahan-perubahan radikal.

"Kami mendapatkan data-data dari semua riset yang menggambarkan bahwa, generasi milenial adalah generasi yang paling mungkin untuk diajak kolaborasi. Tidak ada suara yang lebih nyaring dari suara medsos yang saat ini dikuasai oleh generasi Milenial," tegasnya.

Hadir narasumber pada kegiatan tersebut, Dosen Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, Mahawan Karuniasa, Tim Climate Institute, Billy Aries, Founder IE2I, Esti Widya Putri, dan dipandu Moderator, Putri Potabuga, serta puluhan peserta dari kalangan pemuda.

Adapun program Climate Institute antara lain, Workshop Mitigasi Perubahan Iklim pada tanggal 21-24 Oktober di Bekasi. Seminar dan Workshop Ocean Waste pada tanggal 25-27 di Manado. Ikrar Organisasi Kepemudaan-Kemahasiswaan untuk Perubahan Iklim Pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Selain itu, Bertempat di Malang, pada tanggal 2-5 November akan digelar Seminar dan Workshop tentang Over Populasi dan Perubahan Iklim. (rhr)


Kereta dari Stasiun Bogor hanya Sampai Manggarai

Megawati Ingatkan Media Tidak Tampilkan Isu SARA

Ahok: Ingin Sembako di DKI Disubsidi