Foto : Ketua Umum Komunitas Mahasiswa Sumatera Utara (KMSU) Jakarta, Ilham Syahbana Limbong (Kanan) Bersam Tim Tari KMSU Jakarta di Acara Pesta Budaya Batak di Pamulang, Tangsel, Sabtu 17 November 2018

KMSU Jakarta: Budaya Sebagai Pemersatu Antar Etnis, Ras, dan Golongan

rhr | Senin , 19 November 2018 - 11:39 WIB

Publicapos.com - Mahasiswa Sumatera Utara (Sumut) yang kuliah di Jakarta dan Sekitarnya menunjukkan posisi dan perannya di tanah rantau dengan penampilan tarian khas Sumut di kegiatan Pesta Budaya Batak di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Melalui event tersebut, Ketua Umum Komunitas Mahasiswa Sumatera Utara (KMSU) Jakarta, Ilham Syahbana Limbong, meminta mahasiswa yang belajar di ibu kota untuk aktif mengenalkan budaya kampung halaman. Ia juga mengajak masyarakat Sumut dapat melestarikan budaya yang ada di daerah.

"Budaya menari misalnya yang dimiliki masyarakat Sumut yang beragam, bisa sebagai pemersatu antar etnis ras dan golongan. Melalui tari-tarian ini, saya mengajak kaum muda untuk ikut andil mempromosikan budaya Sumut di luar daerah," kata Limbong, di Pamulang, Tangsel, Sabtu (17/11/2018).

Bahkan jika ingin dikaji secara ekonomi, lanjutnya, hal ini bisa menjadi alternatif ekonomi kreatif, dimana Sumut memiliki berbagai daerah pariwisata yang bisa dikembangkan, dan menjadikan tari sebagai salah satu nilai jual parawisata tersebut.

"Saya berharap acara seperti ini bisa berlanjut terus kedepannya dan lebih baik lagi. Kita bisa mengundang pelaku pariwisata dan pemerhati budaya dari daerah-daerah lain, guna mempromosikan pariwisata Sumut di wilayah Jabodetabek," lanjutnya.

Acara ini bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Kota Tangsel. Selain penampilan budaya Sumut, tari-tarian khas Sunda dan Betawi juga turut didemontrasikan di dalam kegiatan itu.

Event ini terselenggara atas inisiasi dari Persatuan Masyarakat Batak (PMB) Tangsel yang bertemakan "Dalihan Natolu, Perkuat Menjaga Kerukunan dan Persatuan di Kota Tangerang Selatan. Perhelatan Pesta Budaya Batak ke-2 ini digelar di Lapangan depan Kecamatan Pamulang. (rhr)


KMSU Jakarta Minta Cagub dan Cawagub Sumut Berkompetisi Secara Sehat

Pelantikan KMSU Jakarta, Parsa: Mari Jadikan KMSU Ini Sebagai Projek Perubahan Mahasiswa Sumut

Mahasiswa Sumut di Jakarta Diharapkan Bersinergi dengan Pemerintah Daerah