Foto : istimewa

RDP MPR RI Abdul Qadir Amir Hartono: NKRI Harga Mati, Jangan Ditawar Lagi!

kis | Minggu , 03 Februari 2019 - 12:10 WIB

Publicapos.com - Kegiatan Dengar Pendapat Dengan Masyarakat MPR RI dilaksanakan oleh Anggota MPR RI Abdul Qadir Amir Hartono di Auditorium Oesman Mansur UNISMA (3/2). Acara yang diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi BEM se-Malang Raya tersebut dihelat oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIH Sunan Giri Malang.
 
Bentuk negara Indonesia dulu pernah mengalami perubahan, dari negara kesatuan menjadi negara serikat yang terjadi pada Desember 1949 sampai Agustus 1950. Adapun bentuk pemerintahan, Indonesia belum pernah berubah menjadi negara kerajaan atau monarki. Sekarang ini bangsa Indonesia telah sepakat bahwa perihal bentuk negara kesatuan dan bentuk pemerintahan republik tidak akan ada perubahan, jelas Abdul Qadir Amir Hartono yang juga Anggota DPD RI dari Provinsi Jawa Timur.
 
UUD NRI 1945 menetapkan bahwa bentuk susunan negara Indonesia adalah kesatuan bukan serikat atau federal. Dasar penetapan ini tertuang dalam Pasal 1 ayat (1) UUD NRI 1945 yang menyatakan: “Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik”. Selain itu perdebatan mengenai sistem ketatanegaran Indonesia tak bisa dilepaskan dari proses panjang amandemen UUD NRI 1945 yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan hingga sekarang ini.
 
"Untuk menjamin keberlangsungan proses penyelenggaraan negara sesuai dengan fungsi dan tujuannya, keberadaan sistem ketatanegaraan menjadi sangat penting. Sistem ini ibarat sebuah kontrak sosial yang mengikat secara hukum antara pemerintah dengan rakyatnya.Siapapun yang berkuasa akan menjalankan roda pemerintahan dengan sebaik-baiknya untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat dan tidak disalahgunakan," tutup Abdul Qadir Amir Hartono.


Gus Anton: Wawasan Kebangsaan Efektif Diajarkan Di Lingkungan Kampus

Gus Anton: Produk Hukum Harus Aspiratif dan Solutif

Sosialisasi 4 Pilar: Abdul Qadir Amir Hartono Tekankan Jaga Persatuan dan Perdamaian di Tahun Politik