Foto : istimewa

Pimpinan Pusat Ansor: Merintis Ansor di Wilayah Perbatasan

kis | Senin , 04 Februari 2019 - 20:43 WIB

Publicapos.com - Sekelompok anak muda yang notabenenya adalah dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Bengkalis bersama ustadz muda mempunyai hasrat yang kuat agar didaerahnya ada kepengurusan Gerakan Pemuda Ansor.
 
Keinginan itu disampaikan Wira Sugiarto, kira-kira satu tahun yang lalu dan di ulang kembali pada perbincangan ngopi bersama sahabat-sahabat di Kepulauan Bengkalis, Jumat (1/02) di Warung Kopi Abah.
 
“Tekad kami sangat kuat agar di wilayah perbatasan ini ada Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor menjadi bagian dari PW GP Ansor Riau,” kata Wira. 
 
Wira menuturkan untuk langkah awal akan diselenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) pada pertengahan Maret mendatang. “Kami telah berkonsultasi dengan Ketua PW Ansor Riau Sahabat Purwaji, dan beliau memberikan suport 100 persen,” kata Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan STAIN Bengkalis ini.
 
Ruchman Basori Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Bidang Kaderisasi menyambut gembira dengan akan dirintisnya PC Ansor Bengkalis. “Pimpinan Pusat GP Ansor menyambut baik inisiatif untuk didirikannya PC Ansor di Wilayah Perbatasan ini,” katanya.
 
Ruchman meminta agar kaum muda --para dosen muda, kyai muda, ustadz dan para pemuda Melayu-- untuk mengikuti PKL sebagai salah satu syarat menjadi pengurus level Pimpinan Cabang.
 
Keberadaan PC Ansor, lanjut Ruchman sangat penting sebagai penguatan jam’iyah anak muda Nahdlatul Ulama. “Tradisi dan amaliyah aswaja sudah tumbuh subur termasuk di Bengkalis, perlu diwadahi agar perkembangannya kuat menjadi pondasi keberagamaan nusantara yang moderat,” katanya.
 
Ruchman menuturkan PW GP Ansor Riau di bawah Sahabat Purwaji, berkembang dengan baik, sangat dinamis dan diperhitungkan oleh kalangan luar Ansor. “Kehadiran sahabat-sahabat menjadi bagian dari Ansor akan menambah energi Ansor dalam mendesiminasikan Islam Aswaja yang moderat, damai dan toleran,” tandas Ruchman. 
 
Ngobrol santai di warung Kopi Abah dihadiri oleh belasan pemuda yang rata-rata sebagai dosen STAIN Bengkalis dan ustadz yang berada di sekitar Bengkalis. Nampak hadir Farik Sekretaris Cabang NU Bengkalis dan beberapa fungsionaris PCNU lainnya.


Kiai Muda Ansor Turun Gunung Gembeng Kader Ansor Jawa Barat

Kemenag Alokasikan 1,26 Trilyun Bangun Fasilitas PTKIN

Dialog Kemahasiswaan IAIN Kendari: Cerdas Intelektual dan Paham Agama Penting untuk Generasi Millenial!