Foto :
PPDB dan Simpetas Bermasalah, BARA API Siap gruduk Dinas Pendidikan Tangerang Selatan

PPDB dan Simpetas Bermasalah, BARA API Siap gruduk Dinas Pendidikan Tangerang Selatan

ras | Senin , 18 Februari 2019 - 17:12 WIB

Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Rakyat Anti Korupsi (BARA API) bersiap menggruduk Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan terkait sengkarut Penerimaan Peserta Didik Baru online tingkat SMP 2018 di Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Irpan selaku ketua BARA APi menjelaskan sejumlah error pada pelaksanaan PPDB, dan kisruh hal nilai, menunjukkan ketidaksiapan Dinas Pendidikan sebagai penyelenggara. Berdasarkan hasil investigasi, LSM BARA API menduga tidak ada anggaran untuk pelaksanaan PPDB itu.

"Kami coba menelusuri melalui LPSE dan Sirup LKPP yang ada hanya Anggaran belanja jasa konsultasi sistem manajemen sertifikasi ISO 9001;015 PPDB, patut diduga bahwa buruknya sistem website dan server membuat kacau balaunya PPDB 2018 Berbasis online tersebut karena memang tidak ada anggaran yang dialokasikan khusus hal ini. Katanya. (18/02/209).

Selain PPDB, BARA API juga menduga adanya jual beli program yang terindikasi dari tidak jalannya aplikasi Sistem Aplikasi Pendidikan Tangerang Selatan (Simpetas).

"Kerja sama tersebut telah dituangkan melalui surat Nomor:421.3/743-DISDIKBUD Program/kegiatan yang sebelumnya telah dijanjikan akan ada oleh oknum pejabat di Dindikbud Tangsel, serta setelah adanya permintaan sejumlah uang (Puluhan juta rupiah) dan meminta satu handphone baru. Namun belakangan justru program/kegiatan yang sudah disepakati tidak ada," papar dia.

Atas dugaan manipulasi pada dua program tersebut, LSM BARA API akan menggelar aksi unjuk rasa untuk menuntut pertanggungjawaban Dinas Pendidikan Tangsel

"Kami sebagai bagian dari masyarakat akan berunjuk rasa agar pihak Dinas Pendidikan Tangsel mau memberi keterangan dan bertanggungjawab jika terbukti ada penyelewengan anggaran," tegas dia.


Gelar Acara Selamatkan Situ Kuru, HMI Ciputat Minta Walikota Evaluasi Kinerja Dinas Lingkungan Hidup Tangsel

Target Kinerja Kepala BPN Tangsel Patut Diapresiasi

Prof Nuh: Tazkia IIBS Hidupkan Kebaikan di Dunia Pendidikan