Foto : istimewa

Kalahkan Juara Bertahan Thailand, Timnas Indonesia U-22 Catatkan Sejarah Meraih Gelar Juara AFF

admin | Selasa , 26 Februari 2019 - 20:57 WIB

Publicapos.com - Luar biasa, Tim Nasional (timnas) Indonesia U-22 berhasil mengukir sejarah menjadi juara Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan juara bertahan Thailand pada partai final di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019).
 
Awalnya sempat tertinggal, namun Garuda Muda bisa membalikkan kedudukan dan mencatatkan kemenangan dengan skor 2-1 yang dicetak oleh Sani Riski dan Osvaldo Haay.
 
Thailand sebelumnya tidak pernah kebobolan dalam empat laga di Piala AFF U-22 2019. Namun catatan impresif itu justru putus di partai puncak. Bahkan gawang Korraphat Nareechan dua kali terbobol oleh Timnas Indonesia U-22.
 
Perjuangan Garuda Muda sebetulnya tidak begitu mulus. Pasukan Indra Sjafri sempat tersendat ketika ditahan imbang Myanmar 1-1 dan Malaysia 2-2. Namun, setelah menekuk tuan rumah Kamboja 2-0, laju Timnas Indonesia U-22 tidak terhentikan. Mereka menaklukkan Vietnam 1-0 di semifinal, dan akhirnya Thailand.
 
Babak pertama, kedua tim kesulitan menciptakan peluang. Menit kelima, ada kesempatan Osvaldo Haay. Namun, aksinya dihentikan oleh kiper Korraphat Nareechan. Hal ini dibalas oleh Thailand melalui tendangan sudut Jaroensak Wonggom yang menciptakan keriuhan. Firza Andika menyapu bola.
 
Menit ke-51, umpan terobosan Gian Zola membuat Witan Sulaeman berhadapan satu lawan satu dengan Korraphat. Namun, kiper Thailand lebih cepat menjangkau bola. Benturan kedua pemain tak terhindarkan.
 
Enam menit kemudian, Thailand memimpin. Bermula dari tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Garuda Muda, kapten Saringkan Promsupa menanduk bola masuk ke sudut jauh gawang Awan Setho. Skor 0-1.
 
Hanya berselang sesaat, Timnas Indonesia U-22 berhasil membalas. Sani Riski yang bergerak di sisi kanan wilayah Thailand melepaskan tembakan. Bola mengenai Marco Ballini dan berbelok arah masuk gawang Korraphat. 
 
Ballini yang selama ini mengawal pertahanan Thailand dengan kokoh berkat postur tubuh dan keunggulan fisiknya, justru membuat gawang timnya terbobol untuk pertama kali di turnamen.
 
Garuda Muda kemudian berbalik unggul pada menit ke-64. Tendangan bebas Luthfi Kamal berakhir dengan sundulan Osvaldo Haay yang masuk gawang Thailand. Dengan skor yang berubah 2-1, Thailand tidak punya jalan lain kecuali terus menggempur pertahanan di sisa pertandingan.
 
Menit ke-88, Indonesia memiliki peluang ketika Osvaldo Haay sudah terbebas dari lini belakang lawan. Ia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Korraphat, tetapi tembakannya tepat ke arah kiper Thailand tersebut.
 
Drama berlanjut dengan pelanggaran dengan tekel dua kaki yang dilakukan kapten Bagas Adi sehingga ia mendapatkan kartu merah. Thailand mengancam melalui Saringkan, tetapi Awan Setho melakukan penyelamatan penting.
 
Hingga akhir laga, skor 2-1 menjadi milik Garuda Muda. Pasukan Indra Sajfri berhasil menjadi juara Piala AFF U-22 2019.
 
Pencetak Gol: Sani Riski 58, Osvaldo Haay 64 (Indonesia) | Saringkan Promsupa 57 (Thailand)
 
Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho Raharjo; Firza Andhika, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam; Gian Zola, M Luthfi Kamal, Sani Riski Fauzi; Witan Sulaeman, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay
 
Pelatih: Indra Sjafri
 
Timnas Thailand U-22 (3-5-2): Korraphat Nareechan; Kritsada Nontharat, Sampan Kesi, Chatchai Saengdao, Marco Ballini, Saringkan Promsupa, Patcharapol Intanee; Jaroensak Wonggom, Sakunchai Saengtopho, Jedsadakorn Kowngam, Tanpisit Khukhalamo


Pimpinan Pusat Ansor: Merintis Ansor di Wilayah Perbatasan

Mahasiswa IAIN Langsa Wakili Indonesia Ikuti Perlombaan Hifzhil Quran Tingkat ASEAN Pasific

Didi Admanur Mahasiswa IAIN Samarinda Wakili Indonesia dalam World Youth Forum dan World Youth Theatre di Mesir