Foto : istimewa

Tol Darat dan Tol Laut Menggugah Keadilan Distributif dan Komutatif?

admin | Sabtu , 02 Maret 2019 - 01:32 WIB

Publicapos.com - Pembangunan Infrastruktur di era Presiden Jokowi-JK ini mengundang banyak perhatian publik dan menuai pro-kontra. Banyak apresiasi yang hadir karena pembangunan itu mendukung mobilitas dan konektifitas baik di darat dan di laut memalui program Tol Laut, namun tidak sedikit pula yang menyampaikan kritik pedas lantaran pembangunan dianggap tidak menyentuh rakyat kecil secara langsung. 
 
Di tengah pro dan kontra terkait dengan pesatnya pembangunan tersebut, buku berjudul Memadu Fungsi Tol Darat dan Tol Laut: Menggugah Keadilan Distributif dan Komutatif yang ditulis oleh Ansel Alaman dapat menjadi salah satu pertimbangan terkait bagaimana seharusnya memaknai pembangunan yang sedang gencar dilaksanakan pemerintah.
 
Buku ini merupakan hasil kajian  yang komprehensif. Ansel mampu memberikan pemaparan terkait kedua tol yang masing-masing memiliki entitas karakteristik berbeda, namun dapat dipadukan dalam fungsi yang sama, menggunakan multimoda transportasi untuk menghantar muatan/barang dari produsen ke konsumen, dari sentra industri manufaktur ke pengguna di berbagai daerah di Indonesia. 
 
Pemaparan data yang kompleks dari berbagai sumber kredibel dari instansi terkait menjadi salah satu dari keunggulan buku ini. Bisa jadi, tidak semua penulis bisa mendapatkan akses data langsung dariKementerian PU-PR dan Kementerian Perhubungan. Meskipun kaya data, uraian dalam buku ini tetap dapat dinikmati dengan mudah apalagi ditinjau dari gaya penulis yang  dialogis. Ansel berusaha mengajak berdialog pembacanya di setiap subpoin pembahasan, yang diawali dengan pertanyaan. 
 
Selain itu, tulisan ini juga menyajikan ’’politik kebijakan’’  pemerintah bidang infrastruktur khusus yang ditangani Kementerian PU-PR dan Kementerian Perhubungan untuk mewujudkan public goods demi keadilan distributif dan komutatif untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila.
 
Nah, untuk mendapatkan jawaban terkait dengan adanya Tol Darat dan Tol Laut apakah menggugah keadilan distributif dan komutatif, pembaca bisa langsung menemukan jawaban dengan membaca bukunya.
 
 
Ulasan Buku
Judul: Memadu Fungsi Tol Darat dan Tol Laut: Menggugah Keadilan Distributif dan Komutatif
Penulis: Ansel Alaman
Tebal: xxii + 335 halaman
Ukuran: 15,5 x 23 cm
ISBN: 978-60271679-2-6
Penerbit: Publica Institute Jakarta
 
Akses buku klik di sini.


Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah: Perjuangan Akses Formal Anak Bangsa

Kembali Ke Fitrah Kemanusiaan, Bangsa yang Merdeka

Kekecualian Nahdlatul Ulama