Foto : mommyasia.id

5 Tips Traveling untuk Ibu Menyusui

kis | Senin , 20 Mei 2019 - 21:45 WIB

Publicapos.com - Menyusui di tempat umum memang bukan hal yang mudah dilakukan, tapi ibu tetap harus mengutamakan nutrisi si kecil ketika sedang berwisata.
 
Traveling saat masa menyusui memang jadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Bukan hal yang mudah untuk menyusui di tempat umum apalagi kalau kondisi tempatnya sedang ramai. Bahkan, tak sedikit ibu yang mengaku kerepotan saat harus menyusui di tempat umum. Meski begitu, bukan berarti setiap ibu yang masih dalam masa menyusui tidak bisa liburan. Ada beberapa tips yang bisa diikuti ibu menyusui saat Sedang traveling agar perjalanan tetap lancar dan asyik. Nah, tunggu apalagi, yuk, segera rencanakan penerbangan kamu dengan si kecil!
 
1. Siapkan perlengkapan menyusui
Sebelum memulai perjalanan, alangkah baiknya untuk mempersiapkan semua perlengkapan menyusui terlebih dahulu, mulai dari pompa ASI, kantong ASI, dan apron menyusui. Walau pompa ASI dan kantong ASI belum pasti digunakan, tak ada salahnya untuk tetap mempersiapkannya.
 
Semua perlengkapan ini bisa dimasukkan di dalam satu tas yang sama supaya memudahkan ibu untuk menjangkaunya. Kalau perlu, kamu bisa menyatukannya di dalam diaper bag. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk membawa pembersih tangan dan tisu disenfektan. Hal ini berguna untuk membersihkan tangan sebelum mulai menyusui si kecil.
 
2. Menyusui si kecil tepat sebelum pergi
Kalau tak ingin si kecil terus-terusan menangis selama di perjalanan, kamu bisa menyusuinya tepat sebelum pergi. Baik itu saat masih di rumah sebelum berangkat ke bandara atau pun saat di penginapan sebelum berangkat menuju tempat wisata. Pastikan si kecil merasa kenyang agar ia tidak rewel selama berada di tempat wisata. Cara ini juga akan memberikan kamu sedikit kelonggaran di waktu yang akan datang, percayalah.
 
3. Pakai baju untuk menyusui
Agar bisa menyusui kapan pun dan di mana pun, pakailah baju khusus menyusui yang nyaman. Dengan mengenakan baju menyusui, kamu akan semakin lebih mudah dalam menyusui si kecil nantinya. Tinggal ditutupi dengan apron menyusui, kamu bisa langsung menyusui ketika si kecil mulai rewel.
 
Tidak perlu khawatir terlihat kurang fashionable karena saat ini banyak sekali pilihan baju menyusui yang keren dan up to date tapi tetap fungsional. Ada banyak pilihan model baju menyusui yang kini marak dijual di pasaran. Pilihlah baju menyusui yang menurutmu paling nyaman saat dipakai, misalnya baju yang dilengkapi dengan bukaan langsung di area payudara.
 
4. Carilah nursery room
Kalau masih ragu untuk menyusui di depan umum walau sudah membawa apron menyusui sekali pun, kamu bisa mencari nursery room terdekat. Biasanya, nursery room ada di setiap tempat umum yang kamu datangi. Sebagai ibu menyusui, pastinya kamu menginginkan privasi ketika menyusui atau pun saat mengganti popok. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas informasi mengenai nursery room terdekat.
 
5. Menyusui anak kapan pun dan di mana pun
Ingat, kebutuhan si kecil harus yang diutamakan ketika traveling. Jangan sampai si kecil terus menangis hanya gara-gara kamu malu menyusui si kecil di tempat umum. Daripada menghabiskan waktu mencari tempat yang sepi atau nursery room, kamu bisa mempersiapkannya dengan menggali informasi mengenai tempat wisata yang akan kamu kunjungi.
 
Cari tahu tentang fasilitas apa saja yang disediakan oleh tempat wisata tersebut. Tak hanya tempat wisatanya saja, kamu juga harus mencari informasi seputar fasilitas maskapai yang akan kamu gunakan, apakah mempunyai fasilitas yang dapat memudahkan ibu menyusui atau tidak. Dengan terlebih dahulu mengetahui hal tersebut, tentu akan mengurangi rasa panik saat tiba-tiba anak ingin menyusui di tengah-tengah perjalanan atau tempat wisata.  
 
Bagaimana, bu, sudah siap traveling bareng si kecil?
 


Segera Rencanakan Liburan, Nikmati Indahnya Arsitektur Ikonik di India

Seharga Ongkos Umrah, Ini Penampakan Tas Mahal Aniessa Hasibuan

Wisata bahari diharapkan berkontribusi 4 miliar dolar Amerika Serikat